Israel Diseret ke ICJ atas Genosida Gaza, Ini Daftar Negara Pendukung dan Penentang Gugatan

Kamis, 11 Januari 2024 - 08:39 WIB
Kementerian Luar Negeri Bolivia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya bergabung dalam kasus ini sebagai penandatangan Konvensi Genosida yang berkomitmen terhadap perdamaian dan keadilan.

7. Venezuela

Bergabung dengan Bolivia, Venezuela mengumumkan bahwa mereka juga akan mendukung kasus genosida yang diajukan Afrika Selatan terhadap Israel di ICJ.

Sebuah pernyataan pemerintah yang dikeluarkan pada hari Selasa mengatakan bahwa negara tersebut mengakui langkah tegas dan bersejarah Afrika Selatan dalam membela rakyat Palestina dan hukum internasional.

8. Maladewa



9. Namibia



10. Pakistan

Ketiga negara tersebut masing-masing telah menyatakan dukungan mereka terhadap kasus genosida terhadap Israel yang diajukan oleh Afrika Selatan di ICJ. Dukungan mereka telah disampaikan dalam pidato di sidang Majelis Umum PBB pada hari Selasa.

“Namibia mengidentifikasi dan menyelaraskan dengan argumen yang diajukan oleh Afrika Selatan,” kata diplomat Namibia Neville Gertze.

11. Belgia



Wakil Perdana Menteri Belgia Petra De Sutter mengeluarkan pernyataan di X, mengumumkan rencananya untuk mengusulkan dukungan kasus ICJ kepada pemerintah Belgia.

“Belgia tidak bisa berdiam diri dan menyaksikan penderitaan manusia yang luar biasa di Gaza. Kita harus bertindak melawan ancaman genosida,” tulis De Sutter di platform media sosial tersebut.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More