5 Senjata Kontroversial yang Digunakan Israel Membunuh Warga Palestina Sepanjang 2023

Minggu, 31 Desember 2023 - 12:58 WIB
“Pengungkapan [bahwa] hampir setengah dari seluruh bom yang dijatuhkan Israel di Gaza adalah bom bodoh yang tidak terarah benar-benar melemahkan klaim mereka dalam meminimalkan kerugian sipil,” tulis Garlasco di media sosial, dilansir Al Jazeera.

Laporan lain mengatakan Israel secara teratur menggunakan bom berkekuatan besar di Jalur Gaza yang padat penduduknya, meskipun ada peningkatan risiko korban sipil.



2. Bom penghancur bunker



Foto/Reuters

Bom BLU-109 yang diberikan secara murah hati kepada Israel untuk perangnya di Gaza oleh Amerika Serikat, dirancang untuk menembus struktur yang mengeras sebelum meledak.

Bom tersebut dapat membawa hulu ledak dengan berat lebih dari 900kg (1984 pon) dan sebelumnya telah digunakan oleh AS dalam konflik termasuk perang di Afghanistan.

“Banyak orang sekarang mempertanyakan di Kongres apakah terus memberikan bom bunker ini adalah ide yang baik dan juga menyerukan lebih banyak transparansi,” kata Heidi Zhou-Castro dari Al Jazeera.

Persenjataan tingkat ini telah digunakan oleh AS sebelumnya, tetapi sebagian besar digunakan di wilayah terbuka. Melakukan hal ini di daerah padat penduduk hanya akan mengakibatkan satu hal – tingginya korban jiwa.

Persenjataan AS untuk Israel sejak awal perang juga mencakup 15.000 bom dan 57.000 peluru artileri.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More