Ini Pernyataan PM Benjamin Netanyahu yang Bisa Memicu Perang Israel dan Mesir

Minggu, 31 Desember 2023 - 07:48 WIB
loading...
Ini Pernyataan PM Benjamin Netanyahu yang Bisa Memicu Perang Israel dan Mesir
PM Israel Benjamin Netanyahu ingin menguasai perbatasan Rafah yang dikuasai Mesir. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Israel harus mengambil kendali penuh atas koridor perbatasan Jalur Gaza dengan Mesir untuk memastikan "demiliterisasi" wilayah tersebut. Itu diungkapkan Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu. Itu bisa memicu perang dengan Mesir yang menguasai perbatasan Rafah.

“Koridor Philadelphi – atau lebih tepatnya, titik penutupan selatan (Gaza) – harus berada di tangan kita. Harus ditutup. Jelas bahwa pengaturan lain tidak akan bisa dilakukan. memastikan demiliterisasi yang kami cari," kata Netanyahu, dilansir Reuters.

Dia tidak menjelaskan lebih lanjut. Jika terealisasi, langkah tersebut akan menandai pembalikan de facto penarikan Israel dari Gaza pada tahun 2005, menempatkan daerah kantong tersebut di bawah kendali eksklusif Israel setelah bertahun-tahun dipimpin oleh kelompok militan Palestina Hamas.

Komentar Netanyahu mengenai zona penyangga muncul ketika pasukan militer Israel terus melancarkan serangan yang berulang kali ditegaskan oleh perdana menteri akan berlangsung “berbulan-bulan lagi.”

Pertempuran terfokus di al-Bureij, Nuseirat, Maghazi dan Khan Younis, menurut warga, dan didukung oleh serangan udara intensif yang memenuhi rumah sakit dengan warga Palestina yang terluka.

"Pemboman tersebut telah menewaskan 165 orang dan melukai 250 lainnya di Gaza selama 24 jam terakhir," kata otoritas kesehatan Palestina.

Di Rumah Sakit Nasser di Khan Younis, fasilitas medis terbesar di selatan wilayah padat penduduk, sebuah video Bulan Sabit Merah menunjukkan paramedis membawa bayi mungil yang tertutup debu ke bangsal sambil berteriak "ada pernapasan, ada pernapasan".

Hampir seluruh 2,3 juta penduduk Gaza terpaksa meninggalkan rumah mereka akibat serangan Israel selama 12 minggu, yang dipicu setelah Hamas dan kelompok sekutunya membunuh 1.200 orang dan menyandera 240 orang dalam kerusuhan di Israel selatan pada 7 Oktober.

Serangan tersebut telah menewaskan sedikitnya 21.672 warga Palestina, menurut otoritas kesehatan di Gaza, dengan lebih dari 56.000 orang terluka dan ribuan lainnya dikhawatirkan tewas di bawah reruntuhan.

Israel mengatakan 172 personel militernya tewas dalam pertempuran di Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1565 seconds (0.1#10.140)