5 Senjata Kontroversial yang Digunakan Israel Membunuh Warga Palestina Sepanjang 2023

Minggu, 31 Desember 2023 - 12:58 WIB
“Prinsip pembedaan, yang merupakan landasan hukum [kemanusiaan internasional], mengharuskan tentara Israel untuk selalu membedakan antara kombatan dan sasaran militer di satu sisi, dan warga sipil serta sasaran sipil di sisi lain, dan hanya menargetkan yang pertama saja.”

4. Fosfor putih



Foto/Reuters

Penggunaan senjata kimia tidak berwarna dibatasi berdasarkan hukum humaniter internasional, dengan ketentuan bahwa senjata tersebut tidak boleh ditembakkan, atau di dekat, wilayah sipil berpenduduk atau infrastruktur sipil.

Namun, bukti penggunaannya oleh Israel dalam perang di Gaza dilaporkan oleh Human Rights Watch (HRW) pada awal konflik.

Sangat mudah terbakar, dapat menyebabkan kebakaran dan asap menyebar dengan cepat.

“Semburan fosfor putih di udara menyebarkan zat tersebut ke wilayah yang luas, tergantung pada ketinggian ledakan, dan hal ini lebih banyak menyerang warga sipil dan infrastruktur dibandingkan ledakan di darat,” ujar Ahmed Benchemsi, direktur komunikasi HRW Divisi Timur Tengah dan Afrika Utara, mengatakan kepada Al Jazeera.

Bulan lalu seorang dokter dari Rumah Sakit al-Shifa mengatakan kepada Toronto Star bahwa dia telah melihat pasien dengan luka yang dalam, dengan “luka bakar tingkat tiga dan empat, dan jaringan kulit dipenuhi dengan partikel hitam dan sebagian besar ketebalan kulit serta semua lapisan di bawahnya. dibakar sampai ke tulang”.

Ahmed Mokhallalati mengatakan ini bukan luka bakar fosfor, “tetapi kombinasi dari semacam gelombang bom pembakar dan komponen lainnya”, memperkuat klaim bahwa Israel juga menggunakan perang untuk menguji senjata yang tidak diketahui.

Namun yang membuat fosfor putih lebih berbahaya, kata Nada Majdalani, direktur EcoPeace Timur Tengah yang berbasis di Ramallah, adalah adanya hujan di udara.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More