Terowongan Maut Hamas Penyeimbang Militer Canggih Israel Itu Bernama Metro Gaza

Sabtu, 04 November 2023 - 00:08 WIB
“Saat mereka (IDF) maju ke Gaza, mereka mungkin akan disergap melalui terowongan di belakang atau di bawah mereka dengan cara yang paling kejam dan meresahkan,” katanya.

Skenario seperti itu sebenarnya terjadi pada pasukan elite tentara Israel pada pertempuran sebelumnya di Gaza. Dalam konflik tahun 2014 yang disebut Israel sebagai Operation Protective Edge, tiga tentara Israel disergap oleh milisi Hamas yang berhasil menyeret jenazah salah satu tentara, Letnan Hadar Goldin, ke dalam terowongan rahasia.

Warga Israel terkejut dengan tindakan ini, yang terjadi selama gencatan senjata yang dimediasi oleh PBB, dan sejak itu mereka terus berjuang untuk mengembalikan jenazah Goldin.

Avi Melamed, mantan pejabat intelijen Israel dan pendiri program pendidikan Inside the Middle East, mengatakan kepada Fox News Digital bahwa Hamas telah membangun terowongan semacam itu selama lebih dari dua dekade.

Jika awalnya mereka digunakan untuk menyelundupkan barang dan persenjataan dari Mesir ke Gaza, operasi bawah tanah ini berkembang menjadi sistem terowongan serangan yang memungkinkan teroris bergerak di bawah pagar perbatasan dengan Israel dan menjangkau komunitas Israel. Israel mendeteksi terowongan tersebut sebelum dan selama konflik tahun 2014.

Kini, kata Melamed, terowongan Hamas telah berkembang lebih jauh menjadi labirin lorong-lorong luas yang menghubungkan bunker, pusat komando, dan bahkan fasilitas penyimpanan amunisi, sebuah sistem yang sering disebut sebagai “metro Gaza”.

Banyak pejabat di Israel percaya bahwa sebagian besar dari 240 sandera, yang disandera oleh Hamas sejak serangan 7 Oktober, disembunyikan di suatu tempat di dalam jaringan bawah tanah ini.

Yocheved Lifshitz, salah satu dari empat sandera yang dibebaskan sejauh ini, mengatakan kepada media bahwa dia "berjalan sejauh dua atau tiga kilometer di tanah basah" setelah penculikannya.

“Ada jaringan besar terowongan bawah tanah yang tampak seperti jaring laba-laba,” kata nenek berusia 85 tahun itu.

“Tanah di Gaza lunak, tidak diperlukan mesin pengeboran besar-besaran untuk menggali di bawah tanah,” kata Melamed, menggambarkan bagaimana pembangunan terowongan telah menjadi industri besar bagi Hamas, yang bahkan memiliki otoritas khusus yang mengawasi pekerjaan padat karya keluarga lokal yang dipekerjakan sebagai kontraktor.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More