Siapa Pemimpin Sikh Kanada Hardeep Singh Nijjar?

Jum'at, 22 September 2023 - 03:05 WIB
India sangat menentang gerakan Khalistan. Semua partai politik arus utama, termasuk di Punjab, mengecam kekerasan dan separatisme.

Permintaan terhadap Khalistan mencapai puncaknya di India pada tahun 1980an ketika terjadi pemberontakan bersenjata, yang kemudian berhasil ditumpas. Ribuan orang terbunuh dalam kekerasan tersebut.

Gerakan ini juga menghasilkan dua momen paling kontroversial dalam sejarah India.

Pasukan India menyerbu Kuil Emas – situs paling suci bagi umat Sikh – untuk mengusir kelompok separatis bersenjata yang berlindung di kompleks tersebut. Operasi tersebut, yang diperintahkan oleh Perdana Menteri saat itu Indira Gandhi, mengakibatkan banyak kematian dan kerusakan pada kuil.

Beberapa bulan kemudian, dia ditembak mati oleh dua pengawal Sikhnya yang kesal dengan perintahnya. Kematiannya menyebabkan kerusuhan berhari-hari di Delhi, yang menewaskan ribuan orang Sikh.

5. Gerakan Kemerdekaan Punjab Tidak Populer di India



Foto/Reuters

Namun gerakan tersebut tidak menonjol di Punjab sekarang, dan beberapa kelompok secara vokal menentangnya.

Akarnya di Kanada dan Inggris juga dapat ditelusuri kembali ke tahun 1980an, ketika kelompok diaspora bereaksi terhadap peristiwa yang terjadi di India.

Masalah ini muncul pada tahun 1985 ketika sebuah bom meledak di penerbangan Air India dari Toronto ke London, menewaskan 329 orang di dalamnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More