Siapa Pemimpin Sikh Kanada Hardeep Singh Nijjar?

Jum'at, 22 September 2023 - 03:05 WIB
Dia berusia 45 tahun ketika dia ditembak mati oleh dua pria bersenjata bertopeng di luar kuil Sikh di pinggiran kota Vancouver pada malam musim panas bulan Juni tahun ini.

Orang-orang terdekatnya mengatakan dia telah diperingatkan oleh badan intelijen Kanada sebelum kematiannya tentang ancaman terhadap keselamatannya.

India selalu dengan tegas membantah terlibat dalam pembunuhannya, dan menyebut tuduhan Trudeau "tidak masuk akal".

3. Dikenal Aktivis Perdamaian

Bagi para pendukungnya, Nijjar – yang menjadi warga negara Kanada pada tahun 2007 – adalah seorang aktivis damai bagi kemerdekaan Sikh di British Columbia dan seorang pria yang sangat peduli terhadap komunitasnya.

Sebuah tugu peringatan besar telah didirikan untuknya di luar pintu Surrey Gurdwara tempat dia menjabat sebagai presiden. Pemakamannya dihadiri ratusan orang.

“Dia sangat penuh energi,” kata Doug McCallum, mantan walikota Surrey, kepada CityNews Vancouver setelah kematiannya. “Saya ingat dia selalu mengganggu saya sepanjang waktu untuk membelikan bola voli untuk para pemuda di komunitas dan untuk memperluas jalan setapak agar orang-orang bisa berolahraga.”

Namun di India, ia dicari berdasarkan Undang-Undang Teroris India karena beberapa kasus, termasuk pemboman bioskop tahun 2007 di Punjab yang menewaskan enam orang dan melukai 40 orang, dan pembunuhan politisi Sikh India Rulda Singh pada tahun 2009.

Pada tahun 2020, pernyataan pemerintah India menuduhnya terlibat aktif dalam "operasionalisasi, jaringan, pelatihan, dan pembiayaan" anggota KTF.

Dia juga dituduh menjalankan kamp pelatihan teroris di British Columbia untuk para pendukungnya yang siap melakukan serangan di India.

Pada bulan Juli 2022, Badan Investigasi Nasional India, yang menyelidiki kejahatan terkait teror di negara tersebut, mengumumkan hadiah USD1,2 juta untuk setiap informasi tentang Nijjar.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More