8 Alasan AS Butuh India, Nomor 3 Menghancurkan Aliansi BRICS

Jum'at, 23 Juni 2023 - 09:03 WIB
Mungkin masih enggan melakukannya tetapi China terus menjadi salah satu katalisator utama yang mendorong hubungan India-AS.

2. Memperkuat Aliansi QUAD



Foto/Reuters

India tidak menghindar dari mengambil keputusan yang mengganggu China. Itu mengadakan latihan militer dengan pasukan AS tahun lalu di negara bagian Uttarakhand, yang berbagi perbatasan Himalaya dengan China.

Delhi juga terus berpartisipasi aktif dalam QUAD - yang juga mencakup AS, Australia, dan Jepang - meskipun ada reaksi marah dari Beijing.

Diplomasi India semakin tegas mengatakan bahwa ini adalah momen negara itu di panggung global. Ini memiliki alasan yang bagus - India adalah salah satu dari sedikit titik terang ekonomi di dunia saat ini.

Geopolitik juga mendukungnya - sebagian besar negara menginginkan alternatif manufaktur selain China, dan India juga memiliki pasar yang besar dengan kelas menengah yang sedang berkembang. Ini menjadikannya pilihan yang baik bagi negara dan perusahaan global yang mengejar kebijakan China plus one.

Michael Kugelman, direktur Institut Asia Selatan di wadah pemikir Wilson Center di Washington, menambahkan bahwa kedua negara sekarang telah mulai "melihat secara langsung teater Indo-Pasifik yang lebih luas".

“Kita mulai melihat AS mengakui pentingnya komponen barat di wilayah Samudra Hindia. Selama bertahun-tahun, perhatian utama India, untuk alasan yang baik, adalah wilayah Samudra Hindia. Sedangkan bagi AS, itu adalah Pasifik dan Selatan. Laut China. Mereka akan melihat keamanan maritim untuk kawasan itu sekarang," katanya, dilansir BBC.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More