7 Negara di Sekitar Rusia yang Jadi Tempat Latihan Tentara AS, Mayoritas Musuh Bebuyutan Moskow

Senin, 05 Juni 2023 - 14:15 WIB
Foto/Reuters

Sekitar 13.000 prajurit Polandia dilaporkan mengambil bagian dalam latihan bersama dengan AS dan NATO pada 6 Mei 2023. Latihan militer terjadi setiap tiga tahun sekali dan akan fokus pada langkah-langkah pertahanan dan pencegahan di wilayah Laut Baltik.

Selain Polandia, tentara dari Rumania, Slovenia, Swedia, Prancis, Lituania, Latvia, Estonia, dan Turki berpartisipasi dalam latihan Anakonda-23 dan latihan terkoordinasi Defender-23 dan Aurora 23, yang akan berlangsung di luar Polandia. Tank M1A1 Abrams, Krabs, dan howitzer self-propelled K9, serta rudal anti-kapal NSM Norwegia, akan digunakan selama latihan.

Persiapan untuk latihan Anakonda dimulai pada 2021, tetapi invasi skala penuh Rusia dilaporkan menimbulkan tantangan baru bagi mitra NATO yang harus melakukan perubahan manuver.

Sebelumnya, Polandia termasuk di antara sembilan negara yang menjadi tuan rumah Defender Europe 2022 (DE22) dan Swift Response 2022 (SR22), latihan militer bersama skala besar yang dipimpin Angkatan Darat AS. Sebanyak 18.000 tentara dari lebih dari 20 negara akan ambil bagian dalam latihan tersebu, termasuk sekitar 7.000 di wilayah Polandia.

Defender Europe 22 adalah latihan internasional, kolaboratif, dan siklus yang diselenggarakan oleh Angkatan Bersenjata AS untuk membangun kesiapan dan interoperabilitas antara sekutu dan mitra AS dan NATO. DE22 dan SR 22 termasuk dalam serangkaian latihan siklis pertahanan, mereka tidak ditujukan terhadap negara mana pun dan tidak terkait dengan situasi geopolitik saat ini di kawasan itu.

3. Norwegia



Foto/Reuters

Pada awal Maret 2023, 10.000 tentara Norwegia dan sekutunya, tentara AS, berlatih untuk mempertahankan Norwegia dalam latihan musim dingin Gabungan Viking. Selain AS, tentara Belanda dan Inggris juga terlibat dalam latihan perang tersebut.

Sersan Utama Rolf Ytterstad, juru bicara Angkatan Darat Norwegia, menjelaskan bahwa tentara berlatih untuk operasi dalam kondisi cuaca dingin. "Baik tentara AS dan unit sekutu lainnya yang ada juga secara khusus mempersiapkan latihan musim dingin Gabungan Viking 23, yang dimulai pada awal Maret," ungkapnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More