Iran Bangun Fasilitas Nuklir di Perut Bumi Agar Tak Tembus Serangan Udara AS

Rabu, 24 Mei 2023 - 19:15 WIB
Iran mengatakan, konstruksi baru itu akan menggantikan pusat manufaktur centrifuge di atas tanah di Natanz yang dilanda ledakan dan kebakaran pada Juli 2020. Teheran menyalahkan insiden itu pada Israel, yang telah lama dicurigai melakukan sabotase terhadap programnya.

Teheran belum mengakui rencana lain untuk fasilitas tersebut, meskipun harus mengumumkan situs tersebut ke IAEA jika mereka berencana memasukkan uranium ke dalamnya. IAEA yang berbasis di Wina tidak menanggapi pertanyaan tentang fasilitas bawah tanah yang baru.



Proyek baru sedang dibangun di sebelah Natanz, sekitar 225 kilometer (140 mil) selatan Teheran. Natanz telah menjadi perhatian internasional sejak keberadaannya diketahui dua dekade lalu.

Dilindungi oleh baterai anti-pesawat, pagar, dan Pengawal Revolusi paramiliter Iran, fasilitas ini terbentang seluas 2,7 kilometer persegi (1 mil persegi) di Central Plateau yang gersang di negara itu.

Foto satelit yang diambil pada bulan April oleh Planet Labs PBC dan dianalisis oleh AP menunjukkan Iran menggali ke dalam Kūh-e Kolang Gaz Lā, atau "Gunung Beliung", yang berada tepat di luar pagar selatan Natanz.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(esn)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More