11 Perang Saudara Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia

Jum'at, 21 April 2023 - 11:18 WIB
Perang ini juga menjadi pemicu untuk menguatkan posisi Amerika Serikat sebagai kekuatan militer utama di dunia.

3. Perang Saudara Rusia (1917-1923)



Perang Saudara Rusia adalah konflik yang terjadi setelah Revolusi Rusia pada tahun 1917. Konflik ini terjadi antara pasukan Bolshevik yang dipimpin oleh Vladimir Lenin dan pasukan anti-Bolshevik yang dipimpin sejumlah pihak, termasuk Tentara Putih, pihak-pihak nasionalis, dan pihak-pihak yang mendukung kekuasaan Kekaisaran Rusia sebelumnya.



Perang berlangsung selama enam tahun dan menelan korban sekitar 7 juta jiwa.

Perang Saudara Rusia memiliki dampak yang signifikan pada sejarah Rusia dan dunia. Konflik ini membawa kekuasaan Bolshevik dan mendirikan Uni Soviet sebagai negara sosialis pertama di dunia.

Selain itu, perang ini juga memperlemah Rusia secara ekonomi dan politik serta membuka jalan bagi kekuatan barat untuk menyerang Rusia pada masa-masa yang akan datang.

Perang Saudara Rusia juga membawa konsekuensi jangka panjang bagi hubungan antara Uni Soviet dan negara-negara lain, termasuk Amerika Serikat, yang mengambil posisi anti-komunis dalam hubungannya dengan Uni Soviet selama Perang Dingin.

4. Perang Saudara Sudan (1983-2005)



Perang Saudara Sudan adalah konflik antara pemerintah Sudan dan kelompok separatis di selatan Sudan. Konflik dimulai pada tahun 1983 ketika pemerintah Sudan menerapkan hukum syariat Islam di seluruh negara. Langkah ini ditentang oleh orang-orang non-Muslim di selatan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More