11 Perang Saudara Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia

Jum'at, 21 April 2023 - 11:18 WIB


Kelompok-kelompok separatis di selatan mulai memberontak dan memperjuangkan hak otonomi mereka. Konflik berlangsung selama lebih dari dua dekade dan menelan korban sekitar 2 juta jiwa.

Perang Saudara Sudan memiliki dampak yang signifikan pada sejarah Sudan dan Afrika. Konflik ini membawa kehancuran ekonomi dan sosial di Sudan, terutama di wilayah selatan yang menjadi pusat perjuangan separatis.

Setelah konflik berakhir pada tahun 2005 dengan penandatanganan Perjanjian Perdamaian Komprehensif, wilayah selatan Sudan akhirnya memperoleh kemerdekaannya dan menjadi negara terpisah, yaitu Republik Sudan Selatan.

Konflik ini juga menunjukkan konflik antara agama dan kebudayaan di Afrika serta memperlihatkan pentingnya penyelesaian damai dalam mengakhiri konflik bersenjata.

5. Perang Saudara Somalia (1991-2006)



Perang Saudara Somalia dimulai pada tahun 1991 setelah jatuhnya pemerintahan diktator Mohamed Siad Barre. Konflik ini melibatkan sejumlah kelompok milisi dan etnis yang bersaing untuk memperebutkan kekuasaan atas negara tersebut.



Konflik ini mengakibatkan kehancuran infrastruktur dan masyarakat Somalia serta menimbulkan krisis kemanusiaan yang besar di negara tersebut. Konflik ini berlangsung selama lebih dari satu dekade dan menelan korban sekitar 500.000 jiwa.

Perang Saudara Somalia memiliki dampak yang signifikan pada negara tersebut dan kawasan sekitarnya. Konflik ini menyebabkan kehancuran ekonomi dan sosial di Somalia serta menimbulkan krisis kemanusiaan yang besar di negara tersebut.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More