Bos kartel narkoba internasioal tertangkap di Meksiko

Minggu, 23 Februari 2014 - 14:51 WIB
Bos kartel narkoba internasioal tertangkap di Meksiko
Bos kartel narkoba internasioal tertangkap di Meksiko
A A A
Sindonews.com - Setelah 13 tahun menjadi buronan, gembong narkoba paling kuat di dunia, ditangkap di kota tepi pantai Meksiko. Dalam penggerebekan yang didukung oleh militer AS ini, gembong narkoba Joaquin "El Chapo" Guzman, ditangkap Sabtu (22/2/2014) pagi waktu setempat.

"Kami sudah aktif melacak dia selama lima minggu. Karena tekanan itu, ia melarikan diri dalam beberapa hari terakhir dari Culiacan ke Mazatlan," ungkap pihak militer.

Tidak ada perlawanan saat pihak Marinir AS melakukan penangkapan tersebut. Penangkapan tersebut merupakan kemenangan besar bagi Presiden Enrique Pena Nieto yang berusaha sangat keras untuk menghentikan peredaran narkoba yang telah menewaskan lebih dari 77 ribu orang dalam tujuh tahun terakhir.

Pria yang akrab disapa "shorty" ini merupakan pemimpin geng paling kuat di Meksiko, kartel Sinaloa, yang merupakan penyelundup terbesar narkoba ke wilayah Amerika, Eropa dan Asia.

Jaksa Agung AS, Eric Holder, memuji penangkapan itu sebagai "prestasi penting" dan kemenangan bagi warga dari kedua negara, Meksiko dan Amerika Serikat.

Seperti yang dilansir AFP, Minggu (23/2/2014), Amerika Serikat telah menawarkan hadiah USD 5 juta untuk informasi yang mengarah pada penangkapan Guzman, yang dituduh berada di balik sebagian besar peredaran narkoba yang telah menjangkiti Meksiko selama bertahun-tahun.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3288 seconds (0.1#10.140)