Presiden Meksiko Segera Undi Lotere Berhadiah Pesawat Mewah

Selasa, 15 September 2020 - 09:38 WIB
loading...
Presiden Meksiko Segera Undi Lotere Berhadiah Pesawat Mewah
Penjual lotere menunjukkan tiket lotere berhadiah pesawat mewah di Mexico City, Meksiko, 14 September 2020. Foto/REUTERS
A A A
MEXICO CITY - Pemerintah Meksiko terus melanjutkan penjualan tiket lotere berhadiah pesawat mewah kepresidenan. Sejumlah pihak mengkritik rencana ini gagal meski pemerintah telah mengucurkan sekitar USD24 juta untuk tiket lotere itu.

“Hampir 70% tiket telah terjual menjelang pengambilan ‘undian’ pada Selasa (15/9) yang akan memberi 100 pemenang sekitar USD1 juta masing-masing,” ungkap pejabat lotere Meksiko saat konferensi pers bersama Presiden Andres Manuel Lopez Obrador.

Total hadiah uang 2 miliar peso (USD95 juta) mewakili nilai pesawat Boeing 787 Dreamliner yang digunakan mantan Presiden Enrique Pena Nieto. Pesawat mewah itu dianggap Lopez Obrador sebagai simbol pemborosan dan korupsi di negara di mana sekitar setengah populasi hidup dalam kemiskinan.

Setelah Lopez Obrador gagal menjual pesawat itu, dia memilih menggelar lotere untuk mengumpulkan 3 miliar peso (USD142 juta) untuk membeli persediaan rumah sakit.

“Uang sudah cukup dikumpulkan untuk menutupi harga hadiah,” papar Lopez Obrador. Namun dengan hanya lebih 2 miliar peso yang dikumpulkan, pemerintah masih kurang dari target pengumpulan uang untuk kesehatan.

“Saya mendorong semua orang, siapa saja, untuk tetap membeli tiket,” kata Lopez Obrador

Penjualan akan ditutup beberapa jam sebelum pukul 4 sore pengumuman pemenang pada Selasa (15/9), hari sebelum Hari Kemerdekaan Meksiko. (Baca Juga: Terungkap, AS Pernah Tembakkan Rudal yang Bisa Tepat Hantam Kim Jong-un)

Lopez Obrador pada Februari yakin bahwa semua 6 juta tiket, seharga 500 peso per lembar, akan terjual. (Baca Infografis: Kapal Angsa Siap Menantang Pelancong Keliling Benua)

Institute of Health for Wellness mendistribusikan tiket ke 951 rumah sakit publik. Namun dengan biaya distribusi tiket hingga 500 juta peso, para pengkritik mempertanyakan mengapa dana itu tidak langsung digunakan untuk kebutuhan kesehatan. (Lihat Video: Tur Virtual Hagia Sophia Istanbul Turki Part 1)
(sya)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1403 seconds (10.101#12.26)