alexametrics

Meksiko Mau Tukar Pesawat Kepresidenan dengan Alat Medis

loading...
Meksiko Mau Tukar Pesawat Kepresidenan dengan Alat Medis
Pesawat kepresidenan Meksiko Boeing 787-8 Dreamliner berada di bandara Benito Juarez, Mexico City, Meksiko. Foto/REUTERS
A+ A-
MEXICO CITY - Pemerintah Meksiko mempertimbangkan tawaran USD120 juta untuk pesawat kepresidenan dalam bentuk sebagian uang tunai dan sebagian peralatan medis.

Tawaran itu diungkapkan seorang calon pembeli pesawat mewah tersebut. Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador menjadikan penjualan pesawat Boeing 787 Dreamliner yang digunakan pendahulunya itu sebagai wujud janji kampanye.

Pekan lalu Obrador naik pesawat komersial kelas ekonomi untuk bertemu Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Kepala bank pembangunan negara Jorge Mendoza yang terlibat dalam penjualan itu menjelaskan, presiden memerintahkan dia agar tidak menjual jet kepresidenan, pesawat lain dan helikopter di bawah nilainya.



“Tawarannya adalah dalam bentuk uang tunai dan peralatan medis,” papar Mendoza yang menjelaskan dia belum dapat memberikan rincian atau identitas pembeli itu karena alasan kerahasiaan.

Seperti banyak negara, Meksiko berupaya mencari sumber pemasok peralatan medis termasuk oksigen, ventilator dan masker selama pandemi virus corona.



Pemerintah Amerika Serikat (AS) dan China telah membantu dengan peralatan medis.

Menjual jet yang dibeli oleh mantan Presiden Enrique Pena Nieto dan dilengkapi dengan sejumlah kamar mandi berlapis marmer itu ternyata sulit. (Lihat Infografis: Indonesia 3 Besar Dunia Pemilik Kapal Perang Korvet Melampaui AS)
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak