Dua orang ditembak mati di luar kantor Neo-Nazi Yunani

Sabtu, 02 November 2013 - 13:19 WIB
Dua orang ditembak mati...
Dua orang ditembak mati di luar kantor Neo-Nazi Yunani
A A A
Sindonews.com - Dua orang tewas dan satu orang lagi terluka parah, setelah terjadi penembakan di luar kantor Partai Golden Dawn atau yang dikenal sebagai Partai Neo-Nazi, di Athena, Yunani. Insiden yang terjadi kemarin itu, semakin memicu ketegangan antara pendukung Golden Dawn dan penentangnya.

Kedua korban tewas akibat penambakan tersebut, masing-masing berusia 22 dan 25 tahun. Namun, polisi tidak melansir identitas kedua korban, termasuk keterlibatan politik mereka. Kedua korban tewas dengan tembakan tiga peluru, masing-masing di kepala dan dada.

Kementerian Kesehatan Yunani, seperti dikutip al-Jazeera, Sabtu (2/11/2013), mengatakan, salah satu korban tewas seketika saat penembakan terjadi. Korban tewas kedua meninggal di rumah sakit.

Meski identitas para korban belum diketahui, media lokal di Yunani mengklaim, keduanya adalah anggota Partai Golden Dawn. Partai ini telah merencanakan pertemuan di pinggiran Neo Iraklio, Athena, pada Jumat malam, di mana penembakan terjadi .

Petugas dari polisi unit anti-teroris bergegas ke tempat kejadian dan segera mengepung kawasan. Menurut polisi, korban yang terluka di bawa ke rumah sakit.

Masih menurut polisi, penyerangnya adalah dua orang yang sebelumnya memarkirkan sepeda di dekat kantor partai itu. Para pelaku semua berjalan mendekati para korban. Setelah menembak beberapa kali, para pelaku melarikan diri dengan sepeda.

Menteri Ketertiban Umum Yunani, Nikos Dendias, mengungkapkan rasa kesedihan atas kematian anak-anak muda tersebut. ”Kami tidak akan membiarkan negara kita menjadi tempat untuk balas dendam,” ucap Dendias.

Juru bicara Pemerintah Yunani, Simos Kedikoglou, mengatakan para pembunuh akan dikejar tanpa henti. Sementara itu, pihak Partai Golden Dawn melalui website-nya, mengutuk serangan itu. ”Pemerintah telah menolak untuk memberikan perlindungan polisi ke acara pesta meskipun ada ancaman terhadap anggota partai,” tulis pihak partai itu.

Penembakan itu terjadi hanya beberapa minggu setelah surat dakwaan untuk enam anggota parlemen Partai Golden Dawn keluar. Tiga dari mereka, termasuk pemimpin Partai Golden Dawn, Nikos Michaloliakos, dipenjara atas tuduhan menjalankan atau terlibat kelompok kriminal.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1013 seconds (0.1#10.140)