Kapal peneliti Perancis selamatkan pengungsi Suriah

Selasa, 08 Oktober 2013 - 02:10 WIB
Kapal peneliti Perancis selamatkan pengungsi Suriah
Kapal peneliti Perancis selamatkan pengungsi Suriah
A A A
Sindonews.com – Sebuah kapal peneliti ilmu kelautan Perancis, Le Suroit, menyelamatkan 29 pengungsi Suriah pada Minggu (6/10/2013). Para pengungsi ini adalah bagian dari kelompok 363 pencari suaka yang telah mendarat di Italia satu hari sebelumnya.

Le Suroit membawa imigran Suriah tersebut ke pelabuhan Pozzallo di Sisilia, Italia, Senin (7/10/2013). Sebelumnya, 171 pengungsi yang berasal dari perahu yang sama, telah diselamatkan oleh sebuah kapal kargo Belanda, Abis Albufeira.

"Jumlah orang yang sangat mengagetkan," kata Jean Rene Glehen, kapten Le Suroit dalam sebuah email dari kapalnya yang diterima oleh AFP. "Mereka sangat lelah, tapi tampak dalam kesehatan yang relatif baik," katanya.

Menurut Glehen, para pengungsi itu nampaknya memiliki cukup makanan, air, dan masing-masing mengenakan pelampung penyelamat. Saat menemukan para pengungsi itu, Le Suroit tengah melaksanakan survei geologi pada aktivitas seismik dan risiko tsunami di Sisilia.

"Kapal oseanografi (ilmu kelautan) dan kapal kargo di daerah itu datang untuk menyelamatkan para pengungsi," kata seorang pejabat penjaga pantai Italia di Pozzallo. Ini adalah gelombang terbaru pengungsi yang datang ke Italia, setelah sebelumnya pada pertengahan pekan lalu sebuah kapal pengungsi tenggelam di lepas pantai Italia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6328 seconds (0.1#10.140)