Buru pemberontak, pasukan Mali geledah rumah-rumah di Timbuktu

Senin, 01 April 2013 - 23:17 WIB
Buru pemberontak, pasukan Mali geledah rumah-rumah di Timbuktu
Buru pemberontak, pasukan Mali geledah rumah-rumah di Timbuktu
A A A
Sindonews.com – Pasukan Mali melakukan penggeledahan dari rumah ke rumah di Timbuktu pada Senin (1/4/2013) pagi. Langkah ini dilakukan untuk mencari kaum pemberontak yang diduga bersembunyi di rumah-rumah penduduk.

Seperti dilaporkan Reuters, sumber-sumber militer Mali mengatakan, tentara Mali menyapu wilayah di kota itu untuk memastikan tidak ada pejuang pemberontak yang tersisa di rumah-rumah penduduk. Pada malam sebelumnya, sejumlah pemberontak dilaporkan telah berhasil menyusup ke kota yang terletak gurun utara Mali itu.

Akibat aksi penyusupan ini, pada Minggu (31/3/2013) malam, sempat terjadi pertempuran hebat selama beberapa jam di Kota Timbuktu dan serangan udara yang dilakukan oleh jet tempur Perancis. Selama berlangsungnya serangan udara, warga Timbuktu terpaksa berlindung di dalam ruangan.

Namun pada Senin pagi, penduduk Timbuktu mengaku suasana sudah kembali tenang. "Kondisi pagi ini sudah tenang. Pasar kembali buka, lalu lintas cukup ramai di jalan-jalan, dan orang-orang keluar dari rumah mereka," kata seorang penduduk Timbuktu, Garba Maiga kepada Reuters melalui sambungan telepon.

Akibat pertempuran itu, setidaknya satu tentara Mali dilaporkan tewas. Sementara di kubu pemberontak, diperkirakan lebih dari 20 anggota mereka tewas. Sementara penduduk lokal mengaku, lima warga sipil tewas akibat baku tembak itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7570 seconds (0.1#10.140)
pixels