Tuntut Presiden Mundur, Demonstran Duduki Stasiun TV Pemerintah Mali

Sabtu, 11 Juli 2020 - 03:32 WIB
loading...
Tuntut Presiden Mundur, Demonstran Duduki Stasiun TV Pemerintah Mali
Aksi protes menuntut pengunduran diri presiden Mali berubah menjadi kekacauan di Bamako. Foto/Reuters
A A A
BAMAKO - Stasiun televisi milik pemerintah Mali , ORTM, mengudara pada Jumat waktu setempat setelah ratusan demonstran menduduki gedung tersebut. Mereka menuntut pengunduran diri Presiden Ibrahim Boubacar Keita.

Aksi demonstrasi di Ibu Kota Mali, Bamako, berubah menjadi kekacauan ketika para pengunjuk rasa mencoba menduduk sejumlah gedung termasuk majelis nasional, stasiun tv dan dua jembatan utama, sementara polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan mereka.

Para pemimpin protes telah menyerukan kepada para pendukungnya untuk menduduki gedung-gedung termasuk kantor Perdana Menteri dan lokasi-lokasi lain pada awal kampanye pembangkangan sipil yang bertujuan memaksa Keita untuk mengundurkan diri karena gagal menangani masalah keamanan dan ekonomi Mali.

Seorang jurnalis di dalam gedung ORTM mengatakan kepada Reuters melalui telepon bahwa ia sedang mempersiapkan siaran berita ketika para pengunjuk rasa menyerbu gedung dan orang-orang diminta untuk membarikade diri mereka di kantor mereka.

Beberapa kilometer jauhnya, sejumlah demonstran lainnya melempari gedung majelis nasional dengan batu, menghancurkan kaca depannya.

"Suara tembakan juga dapat terdengar di sekitar majelis nasional dan gedung ORTM," kata seorang saksi mata seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (11/7/2020).

Video yang dibagikan di situs media sosial menunjukkan kebakaran terjadi di luar sebuah gedung perakitan sementara beberapa pengunjuk rasa terlihat berlari dengan membawa sejumlah file, komputer, furnitur dan barang-barang lainnya. Namun keaslian video ini tidak dapat diverifikasi oleh Reuters.

Aksi protes, yang ketiga sejak bulan Juni, terjadi setelah koalisi yang menentang Keita menolak konsesi yang ia tawarkan. Konsesi itu bertujuan untuk menyelesaikan pertikaian politik selama berbulan-bulan yang dimulai setelah pemilihan legislatif yang disengketakan pada bulan Maret.

Ribuan pengunjuk rasa sebelumnya memenuhi Lapangan Kemerdekaan kota, meneriakkan dan melambaikan spanduk yang bertuliskan: "Cukup sudah Cukup" dan "IBK, bersihkan", merujuk pada presiden.

Kebuntuan politik itu meningkatkan keprihatinan sejumlah negara tetangga Mali dan kekuatan luar, yang khawatir hal itu akan semakin mengganggu stabilitas negara dan membahayakan kampanye militer bersama melawan gerilyawan Islam di wilayah Sahel Afrika Barat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1130 seconds (0.1#10.140)