Ingin istana, istri ke-6 raja Afsel minta Rp6,7 M

Kamis, 06 September 2012 - 14:39 WIB
Ingin istana, istri ke-6 raja Afsel minta Rp6,7 M
Ingin istana, istri ke-6 raja Afsel minta Rp6,7 M
A A A
Sindonews.com - Jika pada umumnya istri adalah tanggungan suami. Ternyata, tidak selamanya berlaku demikian. Di Afrika Selatan (Afsel), Raja Zulu Goodwill Zwelithini, tanpa malu-malu, meminta duit dari pemerintah untuk menghidupi istri keenamnya.

Tanpa segan, Raja meminta sekitar USD700 ribu (Rp6,692 miliar) untuk membuat istana bagi istri keenam tercintanya Queen Zola Mafu.

Seperti diketahui, Raja Zwelithini, pemimpin dari kelompok etnis terbesar di Afsel, adalah pemimpin tradisional yang sangat berpengaruh di negeri ini.

Kepada Komite parlemen, Kepala Keuangan Departemen Rumah Tangga Kerajaan Mduduzi Mthembu, mengatakan Raja membutuhkan USD700 ribu untuk membangun istana Ratu Mafu, yang saat ini masih berbagi istana dengan Raja.

Selain itu, pihak kerajaan juga ingin dana sebesar USD1,4 juta (Rp13,384 miliar) untuk meng-upgrade istana Ratu MaMchiza. “Pengucuran dana ini bisa dilakukan selama tiga tahun,” terangnya, seperti dikutip BBC, Kamis (6/9/2012).

Bagaimana respon anggota parlemen di komite? Ternyata mereka baru akan mempertimbangkan permintaan kerajaan di akhir bulan ini.

Adapun pemerintah KwaZulu Natal, salah satu dari sembilan provinsi administrasi, telah menganggarkan sekitar USD6,9 juta (Rp65,964, miliar) untuk keluarga kerajaan tahun ini.

Tapi siapa sangka, ternyata itu masih dianggap kurang oleh kerajaan. Gaya hidup jet set kerajaan memang kerap menjadi sorotan di sana. Sebelumnya partai-partai oposisi telah menuduh raja, istri-istrinya dan lebih dari 25 anak-anak mereka menjalani hidup yang serba glamour.

Keluarga kerajaan ini diketahui kerap menghabiskan uang untuk berbelanja barang-barang mewah dan sangat mahal. Pada 2008, saking gerahnya terhadap mereka, partai oposisi melayangkan protes. Mereka menilai para istri Raja Zwelithini melakukan pemborosan.

Saat itu para istri raja menghabiskan uang sebesar USD28 ribu hanya untuk membeli kain linen, baju karya perancang busana terkenal dan berlibur ke tempat-tempat mewah. Wow!
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4625 seconds (0.1#10.140)