Xi Jinping: Jangan Usik Hong Kong dan Makau

Jum'at, 20 Desember 2019 - 13:42 WIB
Xi Jinping: Jangan Usik Hong Kong dan Makau
Xi Jinping: Jangan Usik Hong Kong dan Makau
A A A
MAKAU - Presiden China Xi Jinping mengatakan tidak akan pernah membiarkan kekuatan asing mengganggu wilayah khusus Hong Kong dan Makau. Hal itu diungkapkannya saat menyumpah pemerintahan baru pro Beijing pusat perjudian itu.

"Saya harus menekankan, karena Hong Kong dan Makau kembali ke Tanah Air, setiap permasalahan dua Daerah Administratif Khusus ini sepenuhnya urusan dalam negeri China dan bukan urusan kekuatan asing," kata Xi.

"Kami tidak membiarkan kekuatan eksternal mengganggu," tegasnya seperti dikutip dari Reuters, Jumat (20/12/2019).

Jinping mengatakan China tidak akan goyah dalam mempertahankan kedaulatannya.

"Keinginan pemerintah China dan rakyat China untuk menjaga kedaulatan nasional, keamanan, dan minat terhadap pembangunan sangat kuat," ucap Jinping.

"Langkah maju peremajaan bangsa China tidak bisa dihentikan," imbuhnya.

Xi mengatakan dia senang bahwa Makau telah menerapkan undang-undang keamanan nasional, tidak seperti Hong Kong yang belum melakukannya karena meluasnya sikap oposisi.

"Penduduk Macau menikmati hak berdasarkan hukum, kebebasan di salah satu kota teraman di dunia di mana orang secara rasional menyatakan pandangan yang berbeda," tukasnya.

Makau kembali ke pemerintahan China pada 20 Desember 1999 dari tangan pemerintah Portugal, sementara Hong Kong dua tahun sebelum tepatnya pada 1 Juli 1997 dari pemerintah Inggris. Keduanya diserahkan ke China dengan formula “satu negara, dua sistem”. Formula ini bertujuan untuk memastikan otonomi tingkat tinggi.

Beijing sendiri membantah telah merongrong otonomi Hong Kong dan telah berulang kali menyalahkan pemerintah asing, termasuk Amerika Serikat dan Inggris, karena menimbulkan masalah di pusat keuangan Asia itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7065 seconds (0.1#10.140)