Masyarakat Indonesia di Ethiopia Salat Gaib untuk Almarhum BJ Habibie

Sabtu, 14 September 2019 - 09:07 WIB
Masyarakat Indonesia di Ethiopia Salat Gaib untuk Almarhum BJ Habibie
Masyarakat Indonesia di Ethiopia Salat Gaib untuk Almarhum BJ Habibie
A A A
ADDIS ABABA - Masyarakat Indonesia di Addis Ababa, Ethiopia, melaksanakan salat gaib berjamaah dan mendoakan almarahum Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie. Salat untuk almarhum presiden ketiga Indonesia itu digelar di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Addis Ababa, Jumat (13/9/2019) malam.

BJ Habibie wafat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, hari Rabu lalu. Sosok mantan presiden genius itu telah lama dirawat di rumah sakit karena masalah jantung.

Salat gaib di KBRI Addis Ababa dipimpin oleh Uztaz Akbar Mohamad Khutbi. Beberapa jamaah yang ikut salat gaib antara lain Al Busyra Basnur; Duta Besar RI di Addis Ababa, Taryat Suratman; General Manager Peace Success Industry Plc sister company PT Sinar Antjol; Adrianto Yuliar Salam, Deputi General Manager PT Indofood Ethiopia; dan Arwin Ludiansyah, Country and Business Controller, H&M Ethiopia.

Remaja dan anak-anak Indonesia juga ikut salat gaib. "Kami di KBRI Addis Ababa dan masyarakat Indonesia di Ethiopia sangat kehilangan Bapak Habibie. Beliau tidak saja tokoh dan pemimpin yang sangat berjasa kepada bangsa dan negara Indonesia, tapi juga tokoh yang disegani sekaligus disayang oleh dunia," kata Dubes Basnur.

"Karena itu, dalam rangka menunjukkan cinta dan sayang kita kepada Bapak Habibie, masyarakat Indonesia di Ethiopia menyelenggarakan salat gaib sekaligus mendoakan kepergian beliau,” ujar diplomat Indonesia tersebut, dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews.com, Sabtu (14/9/2019).

Selain salat gaib, untuk menghormati almarhum Habibie, KBRI Addis Ababa mengibarkan bendera setengah tiang dan membuka buku dukacita di KBRI untuk ditandatangani pejabat pemerintah dan masyarakat Ethiopia, pimpinan organisasi regional dan internasional, serta duta besar negara-negara sahabat di Addis Ababa.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5801 seconds (0.1#10.140)