Dubes Indonesia Promosikan Trade Expo Indonesia ke-35 di Ethiopia

Sabtu, 07 November 2020 - 22:33 WIB
loading...
Dubes Indonesia Promosikan Trade Expo Indonesia ke-35 di Ethiopia
Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur. Foto/KBRI Addis Ababa
A A A
ADDIS ABABA - Sejak dua tahun terakhir, komunikasi dan saling kunjung pengusaha Ethiopia dan Indonesia semakin meningkat untuk kerja sama bisnis, termasuk rencana outbound investasi Indonesia di Ethiopia. Namun, potensi bisnis dengan Ethiopia yang berpenduduk sekitar 112 juta jiwa, terbesar kedua di benua Afrika itu, belum banyak diketahui oleh pebisnis Indonesia dan sebaliknya.

Hal itu dikatakan Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur, ketika memaparkan perkembangan ekonomi Indonesia dan Trade Expo Indonesia ke-35 tahun 2020 kepada Presiden dan anggota Ethiopia Chamber of Commerce (KADIN Ethiopia) serta Presiden dan anggota Addis Ababa Chamber of Commerce (KADIN Addis Ababa) selama dua hari berturut-turut, Kamis dan Jumat lalu.

Dalam rilis yang diterima Sindonews, Sabtu (7/11/2020), pada pertemuan tersebut, Al Busyra yang didampingi oleh Pejabat Fungsi Ekonomi KBRI Addis Ababa, Ravky Permato, memaparkan secara detail rencana penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-35 Edisi Virtual tanggal 10-16 November 2020. (Baca juga: Sampaikan Pesan Sumpah Pemuda, Dubes Basnur Kobarkan Semagat Anak-anak Indonesia )

Tahun 2019, Al Busyra mempromosikan TEI dihadapan pengusaha Ethiopia dalam skala besar dan pertemuan langsung dengan pengusaha tidak hanya di Addis Ababa, juga di kota-kota lain Ethiopia. Namun, ditengah kondisi pandemi Covid-19, promosi TEI ke-35 disesuaikan dengan protokol negara setempat.

Ethiopia adalah negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi dikawasan. Tahun 2008-2017 pertumbuhan ekonomni Ethiopia rata-rata diatas 10 persen.



Seperti diketahui, TEI adalah pasar promosi ekspor terbesar Indonesia yang diselenggarakan setiap tahun. Tahun 2019, sebanyak 22 orang pengusaha Ethiopia menghadiri TEI ke-34. Jumlah tersebut meningkat 25 persen dari tahun sebelumnya.

Nilai perdagangan Indonesia-Ethiopia terus meningkat dari tahun ke tahun, dan surplus di pihak Indonesia. Saat ini terdapat lima investasi Indonesia di Ethiopia yaitu Century Garment Plc, Sumbiri Intimate Apparel Plc, Salim Wazaran Yahya Manufacturing Food Plc, Peace Success Industry Plc, dan Golden Sierra Abyssinia. (Baca juga: Kisah Taryat Suratman, Pengusaha Pertama RI yang Buka Pabrik di Ethiopia )

Kehadiran investasi tersebut, menempatkan Ethiopia sebagai negara kedua terbesar menerima investasi Indonesia di Afrika setelah Nigeria.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)