Diaspora Indonesia di Ethiopia Bicara HUT ke-79 Republik Indonesia

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 19:44 WIB
loading...
Diaspora Indonesia di...
Banyak diaspora Indonesia di Ethiopia berbicara mengenai HUT RI ke-79. Foto/KBRI Ethiopia
A A A
ADDIS ABABA - Kedutaan Besar RI di Addis Ababa, Ethiopia menyelenggarakan upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia, bertempat di halaman KBRI pada Sabtu (17/8/2024).

Upacara yang dikuti oleh staf KBRI dan diaspora Indonesia serta sahabat Indonesia di Ethiopia, dipimpin oleh Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur.

Banyak diaspora Indonesia yang mengikuti upacara tersebut dan memiliki kesan istimewa.

Misalnya, Julia Sembiring mengatakan bahwa merayakan HUT Kemerdekaan RI jauh dari tanah air selalu memiliki kesan tersendiri. Suasana ini mengingatkan kita pada masa-masa perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. Tentu ada perasaan haru dan rindu kepada tanah air.

"Tetapi, rasa bahagia selalu muncul ketika berkumpul bersama masyarakat Indonesia di KBRI Addis Ababa. Sejauh apapun kita melangkah, kerinduan pada tanah kelahiran selalu ada," ungkap Julia Sembiring.

Kemudian, Selvi Dini, yang sudah bermukim di Addis Ababa 4,5 tahun mengatakan sangat terkesan merayakan HUT RI di KBRI Addis Ababa dan menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh bangsa Indonesia. Dia merasakan sekali bahwa persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia di Ethiopia sangat erat dan kuat.



Sedangkan, Isworo Larasati mengatakan sangat bahagia bisa ikut merayakan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di KBRI Addis Ababa, dan juga bisa bertemu dengan teman-teman masyarakat Indonesia. "Upacara ini merupakan kesempatan baik bagi kita semua untuk mengenang jasa para pahlawan dan founding father bangsa kita," paparnya.

Diaspora Indonesia di Ethiopia Bicara HUT ke-79 Republik Indonesia

Foto/KBRI Ethiopia

Bahkan, Taryat Suratman, regional manager perusahaan PT Sinar Antjol yang sudah 17 tahun bermukim di Ethiopia mengatakan sangat gembira dan bersyukur bisa mengikuti upacara HUT RI di KBRI Addis Ababa setiap tahun. "Perayaan HUT RI bagi masyarakat Indonesia di Ethiopia tidak hanya untuk mengenang jasa para pahlawan bangsa dan negara kita, juga meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia di luar negeri, khususnya di Ethiopia," tuturnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1000 seconds (0.1#10.140)