Roket dari Suriah Hantam Masjid Turki saat Salat Magrib

Kamis, 25 Januari 2018 - 00:45 WIB
Roket dari Suriah Hantam...
Roket dari Suriah Hantam Masjid Turki saat Salat Magrib
A A A
ANKARA - Sebuah roket yang ditembakkan dari wilayah Suriah menghantam sebuah masjid di Kota Kilis, Turki, Rabu (24/1/2018) petang. Serangan yang menewaskan satu orang dan melukai 13 orang lainnya ini berlangsung saat jemaah masjid sedang salat Magrib.

Menurut pejabat di Kota Kilis, ada serangan dua roket yang berasal dari wilayah Kota Afrin, Suriah, yang salah satunya menimpa masjid. Kota Afrin yang berbatasan dengan wilayah Turki sedang jadi medan operasi militer Ankara untuk memerangi kelompok milisi Kurdi.

”Sebuah roket dari Suriah telah menimpa Masjid Calik saat salat,” kata Gubernur Kilis Mehmet Tekinarslan kepada wartawan.

Dia memastikan bahwa serangan di masjid tersebut mengakibatkan setidaknya delapan orang terluka, dengan dua di antaranya berada dalam kondisi kritis.

Serangan tersebut terjadi sekitar pukul 18.10 waktu setempat. Roket tersebut diduga ditembakkan petempur Kurdi di sekitar Kota Afrin, Suriah utara.

Gubernur Tekinarslan kepada Turkish NTV Channel, melanjutkan bahwa roket kedua menghantam bangunan perumahan yang berjarak sekitar 100 meter dari masjid. Sedikitnya lima orang terluka dalam serangan yang kedua ini.

Menurut Tekinarslan, satu orang yang terluka dalam serangan roket meninggal di rumah sakit akibat luka parah yang diderita.

Insiden tersebut terjadi saat Ankara melanjutkan operasi militer dengan sandi “Operation Olive Branch” di wilayah Afrin. Milisi Kurdi yang jadi target operasi militer Turki oleh Ankara dianggap sebagai teroris.

Perdana Menteri Turki Binali Yildirim mengatakan, operasi militer tersebut bertujuan untuk menciptakan ”zona aman” sepanjang 30km di wilayah Suriah. Namun, pemerintah Suriah menganggap tindakan Turki sebagai agresi. Rusia juga mendesak Ankara untuk menahan diri dan menghormati integritas wilayah Suriah.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1064 seconds (0.1#10.140)