Turki Setuju Tarik Pasukan dari Suriah Jika Damaskus Ambil Langkah Politik

Minggu, 01 Januari 2023 - 01:01 WIB
loading...
Turki Setuju Tarik Pasukan dari Suriah Jika Damaskus Ambil Langkah Politik
Tank Turki menuju wilayah perbatasan Suriah. Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Penarikan pasukan Turki dari Suriah memerlukan langkah-langkah dalam proses politik. Menteri Luar Negeri (Menlu) Turki Mevlut Cavusoglu menegaskan hal itu pada Sabtu (31/12/2022).

"Langkah-langkah harus diambil dalam proses politik agar pasukan kita pergi. Jika ada kekosongan, organisasi teroris tidak boleh mengisinya," ujar Cavusoglu seperti dikutip surat kabar lokal.

Sebelumnya pada hari itu, media Suriah melaporkan mengutip sumber bahwa Ankara telah setuju menarik pasukannya dari wilayah Suriah setelah menteri pertahanan Turki, Suriah dan Rusia bertemu di Moskow pada 28 Desember.



Pada 15 Desember, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan dia telah menawarkan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mengadakan pertemuan antara para pemimpin Turki, Rusia dan Suriah, yang akan didahului dengan pertemuan para kepala dinas intelijen, pertahanan dan kementerian luar negeri.

Pada 28 Desember, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan menteri pertahanan Rusia, Suriah, dan Turki mengadakan pembicaraan trilateral di Moskow untuk membahas cara-cara menyelesaikan krisis Suriah.

Pembicaraan itu menandai pertemuan resmi pertama antara Ankara dan Damaskus dalam 11 tahun.

Perang di Suriah telah berlangsung sejak 2011, dengan berbagai kelompok pemberontak bersenjata, termasuk organisasi teroris, memerangi Tentara Suriah dalam upaya menggulingkan pemerintahan Presiden Bashar Assad.

Sejak 2016, angkatan bersenjata Turki juga telah melakukan operasi udara dan darat di Suriah melawan kelompok bersenjata Kurdi.

Moskow dan Ankara telah bertindak sebagai mediator dalam konflik dalam berbagai kerangka kerja, seperti kelompok mediasi di permukiman Suriah di Astana yang diluncurkan bersama dengan Iran pada 2017 atau Kongres dialog nasional Suriah yang diselenggarakan di kota Sochi, Rusia pada 2018.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1097 seconds (0.1#10.140)