Turki: Kelompok Bersenjata Kurdi di Suriah Target Serangan yang Sah

Minggu, 04 Desember 2022 - 17:45 WIB
loading...
Turki: Kelompok Bersenjata Kurdi di Suriah Target Serangan yang Sah
Turki: Kelompok Bersenjata Kurdi di Suriah Target Serangan yang Sah
A A A
ANKARA - Turki kian meningkatkan serangan pada basis kelompok bersenjata Kurdi di Suriah . Juru bicara kepresidenan Turki, Ibrahim Kalin mengatakan kepada Al Jazeera, bahwa kelompok bersenjata Kurdi di Suriah adalah "target yang sah".

Kalin juga menuduh mereka mengeksploitasi hubungan dengan Amerika Serikat (AS) untuk membenarkan kehadiran mereka di sepanjang perbatasan Turki dengan Suriah. Kalin mengatakan, Ankara mengejar Partai Pekerja Kurdistan (PKK) dan cabang-cabangnya Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) dan kelompok Partai Persatuan Demokratik (PYD) untuk melindungi perbatasannya.

Baca: Pasukan Turki Siap Gelar Operasi Darat ke Suriah Utara

Ankara menyalahkan PKK, YPG yang dilarang, dan kelompok afiliasi mereka atas ledakan Istanbul 13 November serta serangan sebelumnya. PKK telah melancarkan pemberontakan bersenjata berdarah selama puluhan tahun untuk otonomi di tenggara Turki. Ankara, bersama dengan sekutu NATO-nya – AS dan Uni Eropa – telah menyatakan PKK sebagai organisasi “teroris”.

“Bagi kami, setiap dan semua PKK, PYD, YPG, elemen, pos, titik militer adalah target yang sah bagi kami,” kata Kalin saat wawancara dengan program Talk to Al Jazeera, baik di Suriah atau Turki.

“Mereka adalah target yang sah karena mereka adalah organisasi teroris,” lanjutnya. “Kami mengejar mereka untuk melindungi perbatasan kami. Kami tidak menargetkan tentara atau pos militer Rusia atau Amerika di Suriah atau di mana pun,” jelas Kalin.

Menurut Kalin, elemen PKK, PYD, dan YPG di masa lalu telah menggunakan bendera rezim Amerika dan Suriah untuk melindungi diri mereka sendiri. “Itu sendiri menunjukkan sejauh mana PYD dan YPG menggunakan aliansi mereka dengan Amerika Serikat untuk melegitimasi kehadiran mereka sendiri di Suriah utara,” katanya.

Baca: AS Prihatin Turki Terus Gempur Basis Kurdi di Suriah

Juru bicara itu juga mengatakan, bahwa serangan "teroris" baru-baru ini di Jalan Istiklal di Istanbul mendorong Turki untuk merespons. Pelakunya, seorang wanita Suriah keturunan Kurdi, dilatih oleh pejuang Kurdi di sana, kata pemerintah.

“Tanggapan awal kami adalah mengoordinasikan dan melakukan sejumlah operasi udara,” kata Kalin. “Dan tentu saja, tergantung pada tingkat ancaman yang dinilai oleh intelijen kami dan kementerian pertahanan udara kami serta badan-badan terkait, kami akan mengejar para teroris ini, baik dari udara maupun dari darat,” lanjutnya.

Turki telah meningkatkan penembakan dan serangan udara di Suriah utara dalam beberapa pekan terakhir dan telah mempersiapkan invasi darat terhadap YPG, pasukan mayoritas Kurdi yang mendominasi Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang berbasis di Suriah. Ankara dilaporkan telah menargetkan beberapa situs militer milik SDF di Raqqa Suriah.
(esn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2203 seconds (10.55#12.26)