Inggris Panggil Duta Besar Korut Terkait Peluncuran Rudal

Jum'at, 01 September 2017 - 00:15 WIB
Inggris Panggil Duta Besar Korut Terkait Peluncuran Rudal
Inggris Panggil Duta Besar Korut Terkait Peluncuran Rudal
A A A
LONDON - Satu per satu negara mulai mengambil tindakan atas peluncuran rudal oleh Korea Utara (Korut). Setelah sebelumnya Spanyol, kini giliran Inggria memanggil Duta Besar Korut untuk negara itu terkait peluncuran rudal pada 29 Agustus lalu.

Baca Juga: Spanyol Pangkas Jumlah Diplomat Korut di Madrid

Inggris melalui Kementerian Luar Negerinya memanggil Duta Besar Korut untuk menyampaikan kecamannya atas peluncuran rudal balistik di atas pulau Hokkaido di Jepang awal pekan ini.

Sebelumnya pada hari Kamis Perdana Menteri Theresa May dan mitranya dari Jepang sepakat untuk bekerja sama dalam melawan ancaman yang ditimbulkan oleh Korut pada saat kunjungan May ke Jepang.

"Saya memanggil duta besar Korut ke kementerian luar negeri hari ini dan menjelaskan betapa kuatnya Inggris mengecam peluncuran rudal jarak menengah rezim tersebut melalui Jepang," kata Menteri Inggris untuk Asia dan Pasifik, Mark Field, dalam sebuah pernyataan.

"Tindakan sembrono Korut melanggar banyak resolusi Dewan Keamanan PBB dan mengancam keamanan internasional. Saya mendesak rezim tersebut untuk mengakhiri upaya ilegal rudal nuklir dan balistik serta kembali melakukan dialog dengan masyarakat internasional," imbuhnya.

Korut telah berulang kali melakukan peluncuran rudal dalam beberapa bulan terakhir, meski dilarang melakukannya berdasarkan peraturan PBB. Terbaru, sebuah rudal Hwasong-12 buatan dalam negeri, diluncurkan pada hari Selasa waktu Korea dari sebuah lokasi dekat Pyongyang.

Rudal itu menempuh jarak sekitar 2.700km, dengan ketinggian yang tidak biasa untuk sebuah tes rudal yang dilakukan Korut, di Hokkaido sebelum jatuh sekitar 1.180km dari pantai timur Jepang.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6483 seconds (0.1#10.140)