Korea Selatan: Serangan Nuklir Jadi Akhir Rezim Korea Utara

Jum'at, 21 Juli 2023 - 23:12 WIB
loading...
Korea Selatan: Serangan Nuklir Jadi Akhir Rezim Korea Utara
Kunjungan kapal selam AS USS Kentucky menjadi sinyal kepada Korea Utara. Foto/Reuters
A A A
SEOUL - Korea Selatan mengancam Korea Utara bahwa menggunakan nuklirnya akan berarti "akhir" rezim Kim Jong Un. Ancaman itu setelah Pyongyang mengancam pembalasan nuklir atas penempatan militer Amerika Serikat (AS) yang meningkat di semenanjung.

Hubungan antara kedua Korea berada di salah satu titik terendah, dengan Korea Utara meningkatkan pengujian senjata karena Seoul dan Washington meningkatkan kerja sama militer.

Menteri pertahanan Pyongyang memperingatkan pada hari Kamis bahwa kunjungan pelabuhan kapal selam berkemampuan nuklir AS ke Busan minggu ini - yang pertama sejak 1981 - dapat memenuhi ambang hukum bagi Korea Utara untuk menggunakan senjata nuklirnya.

Korea Utara tahun lalu mengadopsi undang-undang nuklir, menetapkan serangkaian skenario - beberapa di antaranya tidak jelas - di mana ia dapat menggunakan nuklirnya, termasuk serangan nuklir pre-emptive jika terancam.

"Seperti yang telah dijelaskan oleh Seoul dan Washington sebelumnya, setiap serangan nuklir terhadap aliansi akan menghadapi tanggapan segera, luar biasa dan tegas," demikian Kementerian Pertahanan Korea Selatan, dilansir CNA. "Jika ini terjadi, rezim Korea Utara akan menghadapi akhirnya,, tambahnya.

Dia mengatakan, kunjungan kapal selam AS adalah tanggapan defensif yang sah terhadap ancaman nuklir Pyongyang yang sedang berlangsung.



Kunjungan tersebut disepakati selama perjalanan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol ke Washington pada bulan April, ketika dia dan Presiden AS Joe Biden mengeluarkan peringatan keras yang sama kepada Pyongyang tentang konsekuensi akhir dari penggunaan senjata nuklir.

"Serangan nuklir oleh Korea Utara terhadap Amerika Serikat atau sekutunya ... akan mengakhiri rezim apa pun yang mengambil tindakan seperti itu," kata Biden kepada wartawan saat itu.

Mengumumkan undang-undang nuklir barunya tahun lalu, Kim Jong Un mengatakan status negara itu sebagai kekuatan nuklir sekarang "tidak dapat diubah", secara efektif menghilangkan kemungkinan pembicaraan denuklirisasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1095 seconds (0.1#10.140)