Korea Utara Akan Meluncurkan Satelit Baru dan Drone pada 2024

Minggu, 31 Desember 2023 - 08:37 WIB
loading...
Korea Utara Akan Meluncurkan Satelit Baru dan Drone pada 2024
Korea Utara menyiapkan peluncuran satelit dan drone pada 2024
A A A
PYONGYANG - Korea Utara berjanji akan meluncurkan tiga satelit mata-mata baru, membuat drone militer, dan meningkatkan persenjataan nuklirnya pada tahun 2024 ketika pemimpin Kim Jong-un mengatakan kebijakan AS membuat perang tidak dapat dihindari.

Kim mengecam Washington dalam pidato panjangnya yang mengakhiri lima hari pertemuan partai berkuasa yang menetapkan tujuan kebijakan ekonomi, militer dan luar negeri untuk tahun mendatang.

“Karena tindakan musuh yang sembrono untuk menyerang kami, sudah menjadi kenyataan bahwa perang bisa pecah kapan saja di semenanjung Korea,” kata Kim Jong-un, dilansir KCNA.

Dia memerintahkan militer bersiap untuk "menenangkan seluruh wilayah Korea Selatan," termasuk dengan bom nuklir jika perlu, sebagai respons terhadap serangan apa pun.

Pidato Kim disampaikan menjelang tahun yang akan menyaksikan pemilu penting di Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Para ahli memperkirakan Korea Utara akan mempertahankan kampanye tekanan militer untuk mencoba meningkatkan pengaruh apa pun seputar pemilihan presiden AS pada bulan November, yang mungkin akan menyaksikan kembalinya mantan Presiden Donald Trump, yang saling bertukar ancaman dan diplomasi bersejarah dengan Kim.

“Pyongyang mungkin menunggu pemilu presiden AS untuk melihat provokasi apa yang bisa menebusnya pada pemerintahan berikutnya,” kata Leif-Eric Easley, profesor studi internasional di Ewha Womans University di Seoul, dilansir Reuters.

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden mengatakan pihaknya terbuka untuk melakukan perundingan, namun mereka memberlakukan sanksi baru ketika Korea Utara terus melanjutkan uji coba rudal yang dilarang. AS juga meningkatkan latihan dan mengerahkan lebih banyak aset militer seperti kapal selam bersenjata nuklir dan kapal induk besar di dekat semenanjung Korea.

Kim mengatakan dia tidak bisa mengabaikan kembalinya senjata-senjata tersebut yang menurutnya telah sepenuhnya mengubah Korea Selatan menjadi “pangkalan militer terdepan dan persenjataan nuklir” Amerika Serikat.

"Jika kita mencermati aksi militer konfrontatif yang dilakukan pasukan musuh.... kata 'perang' telah menjadi kenyataan realistis dan bukan konsep abstrak," kata Kim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)