Dua Tahun Dipenjara, China Deportasi WN Kanada

Jum'at, 16 September 2016 - 05:48 WIB
Dua Tahun Dipenjara,...
Dua Tahun Dipenjara, China Deportasi WN Kanada
A A A
OTTAWA - Warga negara Kanada yang dipenjara selama dua tahun karena dicurigai melakukan aksi mata-mata, kembali ke negara asalnya. Bagi Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, kepulangan Garrat ke dianggap sebagai kemenangan diplomatik.

Baca juga:
Seorang WN Kanada Dituduh Lakukan Aksi Spionase di China


"Pada hari Kamis, 15 September Kevin dideportasi dari Cina dan telah kembali ke Kanada untuk bersama keluarga dan teman-temannya," kata keluarga dalam sebuah pernyataan singkat yang meminta privasi seperti dikutip dari Reuters, Jumat (16/9/2016).

Pihak keluarga juga mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang bekerja untuk mengamankan pembebasan Garrat dan mengatakan rilis mengenai informasi lebih lanjut akan dikeluarkan dalam beberapa minggu mendatang.

Seorang pejabat pemerintah Kanada mengatakan Garratt telah secara resmi dijatuhi hukuman awal pekan ini dan kemudian dibebaskan dengan jaminan. Dia terbang ke kota Pacific Vancouver.

"Kami tentu senang dia telah kembali ke Kanada dan memulai proses penyembuhan," kata pejabat itu, yang berbicara tanpa menyebut nama.

Garratt dan istrinya Julia ditahan di Agustus 2014 di dekat perbatasan China dengan Korea Utara (Korut). Julia kemudian dibebaskan dengan jaminan dan meninggalkan negara.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1124 seconds (0.1#10.140)