Bos Huawei Bebas, China Lepaskan Dua Warga Kanada

loading...
Bos Huawei Bebas, China Lepaskan Dua Warga Kanada
Michael Kovrig (kiri) dan Michael Spavor (kanan). Foto/The Guardian
OTTAWA - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengumumkan dua warga negaranya telah dibebaskan dari tahanan China dan sedang terbang pulang ke negara itu.

Michael Spavor dan Michael Kovrig dituduh melakukan spionase pada 2018, beberapa hari setelah polisi Kanada menangkap Chief Financial Officer Huawei , Meng Wanzhou, atas surat perintah Amerika Serikat (AS). Penahanan tersebut telah memicu ketegangan diplomatik selama bertahun-tahun.

Meng Wanzhou sendiri meninggalkan Kanada hari ini setelah mencapai kesepakatan dengan jaksa AS.

Pada konferensi pers, Trudeau mengatakan Michael Spavor dan Michael Kovrig telah melalui cobaan yang luar biasa sulit.



"Ini adalah kabar baik bagi kita semua bahwa mereka sedang dalam perjalanan pulang ke keluarga mereka," ujarnya.

"Selama 1.000 hari terakhir, mereka telah menunjukkan kekuatan, kegigihan, ketangguhan, dan keikhlasan," imbuhnya seperti dikutip dari BBC, Sabtu (25/9/2021)

Baca juga: Tolak Banding, China Tetap Hukum Mati Warga Kanada Gembong Narkoba

Trudeau mengatakan kedua pria itu akan tiba di Kanada Sabtu pagi. Mereka didampingi oleh Duta Besar Kanada untuk China Dominic Barton.

Kovrig adalah mantan diplomat yang dipekerjakan oleh International Crisis Group, sebuah think tank yang berbasis di Brussels. Sedangkan Spavor adalah anggota pendiri sebuah organisasi yang memfasilitasi hubungan bisnis dan budaya internasional dengan Korea Utara (Korut).
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top