Bos Huawei Bebas, China Lepaskan Dua Warga Kanada

Sabtu, 25 September 2021 - 12:01 WIB
loading...
Bos Huawei Bebas, China Lepaskan Dua Warga Kanada
Michael Kovrig (kiri) dan Michael Spavor (kanan). Foto/The Guardian
A A A
OTTAWA - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengumumkan dua warga negaranya telah dibebaskan dari tahanan China dan sedang terbang pulang ke negara itu.

Michael Spavor dan Michael Kovrig dituduh melakukan spionase pada 2018, beberapa hari setelah polisi Kanada menangkap Chief Financial Officer Huawei , Meng Wanzhou, atas surat perintah Amerika Serikat (AS). Penahanan tersebut telah memicu ketegangan diplomatik selama bertahun-tahun.

Meng Wanzhou sendiri meninggalkan Kanada hari ini setelah mencapai kesepakatan dengan jaksa AS.

Pada konferensi pers, Trudeau mengatakan Michael Spavor dan Michael Kovrig telah melalui cobaan yang luar biasa sulit.

"Ini adalah kabar baik bagi kita semua bahwa mereka sedang dalam perjalanan pulang ke keluarga mereka," ujarnya.

"Selama 1.000 hari terakhir, mereka telah menunjukkan kekuatan, kegigihan, ketangguhan, dan keikhlasan," imbuhnya seperti dikutip dari BBC, Sabtu (25/9/2021)



Trudeau mengatakan kedua pria itu akan tiba di Kanada Sabtu pagi. Mereka didampingi oleh Duta Besar Kanada untuk China Dominic Barton.

Kovrig adalah mantan diplomat yang dipekerjakan oleh International Crisis Group, sebuah think tank yang berbasis di Brussels. Sedangkan Spavor adalah anggota pendiri sebuah organisasi yang memfasilitasi hubungan bisnis dan budaya internasional dengan Korea Utara (Korut).

Pasangan itu ditangkap atas tuduhan mata-mata, dan pada bulan Agustus tahun ini pengadilan China menghukum Spavor 11 tahun penjara karena spionase. Belum ada keputusan dalam kasus Kovrig.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)