AS: Pesawat China Lakukan Manuver Berbahaya

Rabu, 08 Juni 2016 - 17:18 WIB
AS: Pesawat China Lakukan Manuver Berbahaya
AS: Pesawat China Lakukan Manuver Berbahaya
A A A
WASHINGTON - Komandan armada Pasifik Amerika Serikat (AS) mengatakan, sebuah jet tempur China melakukan aksi berbahaya saat mencegat sebuah pesawat mata-mata AS yang tengah berpatroli rutin di wilayah udara internasional di atas Laut China Timur.

Dalam pernyataanya, insiden itu melibatkan dua jet tempur China jenis J-10. "Salah satu jet China yang melakukan aksi pencegatan yang tidak aman terhadap pesawat RC-135," kata Komandan Pasifik AS dalam sebuah pernyataan.

"Penyidikan awal menunjukan jika pilot melakukan aksi yang tidak wajar, karena tidak ada aksi provokatif atau menuver berbahaya," sambungnya seperti dikutip dari Reuters, Rabu (8/6/2016).

"Departemen Pertahanan akan menangani masalah itu dengan China lewat saluran diplomatik dan militer yang tepat," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Sebelumnya, Pentagon menyatakan bahwa sebuah pesawat mata-mata AS jenis RC-135 dicegat oleh pesawat tempur China di wilayah udara internasional di Laut China Timur. Insiden terbaru ini menambah daftar ketegangan AS dan China. Pada bulan Mei lalu, Pentagon mengatakan bahwa dua jet tempur China terbang dalam jarak 50 kaki (15 meter) dari pesawat EP-3 AS di atas Laut China Selatan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3928 seconds (0.1#10.140)