Umumkan Uji Bom Hidrogen, Wanita Korut Ini Jadi Sorotan

Kamis, 07 Januari 2016 - 08:19 WIB
Umumkan Uji Bom Hidrogen,...
Umumkan Uji Bom Hidrogen, Wanita Korut Ini Jadi Sorotan
A A A
PYONGYANG - Sosok wanita penyiar berita televisi yang mengumumkan uji coba miniatur bom hidrogen Korea Utara (Korut) menjadi sorotan media dunia. Wanita tua berbaju merah muda tersebut dulunya aktris yang alih profesi menjadi penyiar berita televisi.



Nama wanita itu adalah Ri Chun-hee yang lahir tahun 1943. Saat mengumumkan berita penting itu, dia tampak tersenyum penuh bangga.

Uji coba bom hidrogen pertama republik ini telah berhasil dilakukan pada pukul 10.00, pada tanggal 6 Januari 2016, berdasarkan penentuan strategis Partai Buruh,” katanya.

Dengan keberhasilan yang sempurna dari bom hidrogen bersejarah, kami telah bergabung dengan peringkat negara nuklir canggih,” lanjut penyiar berita televisi Korut itu.

Menurut ulasan majalah bulanan, Chosun, yang diterjemahkan Reuters, wanita itu dikenal sebagai “penyiar rakyat”. Ri Chun-hee menjadi penyiar yang dapat arahan khusus dari pendiri Korut, Kim Il-sung.

Kakek Kim Jong-un itu mendorongnya untuk menjadi penyiar dengan pidato yang berapi-api. ”Seperti hari ini yang berlalu, suaranya tumbuh untuk memiliki daya tarik sehingga setiap kali dia akan berbicara di berita, pemirsa tersentuh,” tulis majalah itu, yang dikutip news.com.au, Kamis (7/1/2016).

Ketika Ri mengumumkan laporan dan pernyataan, musuh akan gemetar ketakutan,” lanjut ulasan majalah tersebut.Ri tinggal di Pyongyang dengan kehidupan yang relatif mewah dengan suami, anak-anak dan cucu-cucunya. Dia pernah menangis saat mengumumkan kematian Kim Il-sung dan Kim Jong-il.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9513 seconds (0.1#10.140)