Presiden Prancis: Assad Sumber Masalah, Bukan Solusi

Jum'at, 23 Oktober 2015 - 18:45 WIB
Presiden Prancis: Assad...
Presiden Prancis: Assad Sumber Masalah, Bukan Solusi
A A A
ATHENA - Wacana yang menyatakan Presiden Suriah Bashar al-Assad adalah solusi bagi penyelesaian konflik berkepanjangan di Suriah kembali mendapat tentangan dari Presiden Prancis, Francois Hollande. Menurut Hollande, Assad adalah masalah dan bukan solusi terhadap permasalahan di Suriah.

"Kami perlu bekerja untuk menemukan solusi politik," kata Hollande saat berkunjung ke Athena. "Bashar al-Assad bukan solusi untuk Suriah, dia adalah sumber masalahnya," tambahnya seperti dikutip dari laman Reuters, Jumat (23/10/2015).

Sebelumnya, Rusia kerap menyatakan, untuk memerangi ISIS dan menyelesaikan konflik di Suriah, semua pihak harus melibatkan Assad. Rusia memandang, orang nomor satu di Suriah itu adalah solusi untuk menyelesaikan perang yang berjalan hampir lima tahun di negara itu.

Atas permintaan Assad pula, Rusia melakukan operasi serangan udara di negara itu. Meski banyak pihak mempertanyakan langkah yang diambil Rusia itu, namun Rusia meyakini serangan yang mereka lakukan tak melanggar hukum internasional. Sebab, serangan udara itu dilancarkan atas permintaan pemerintah sah Suriah.

Terkait hal tersebut, Kepala Uni Eropa mengkritik kebijakan yang diambil oleh Moskow. Mereka menilai, apa yang dilakukan oleh Rusia adalah mempertahankan Assad agar tetap berada di kursi kepresidenan dengan menyerang kaum pemberontak yang didukung oleh negara-negara asing. Namun, Moskow menegaskan jika operasi militer itu adalah untuk memerangi ISIS.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1484 seconds (0.1#10.140)