Jerman Sarankan RI Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel

Jum'at, 02 Oktober 2015 - 01:28 WIB
Jerman Sarankan RI Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel
Jerman Sarankan RI Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel
A A A
JAKARTA - Jerman menyatakan semua usaha harus dikerahkan untuk bisa mendamaikan Israel dan Palestina, demi terciptanya stabilitas di Timur Tengah. Indonesia sebagai salah satu negara pendukung kemerdekaan Palestina, menurut Jerman, juga harus melakukan semua upaya agar perdamaian bisa tercapai, termasuk mulai menjalin hubungan dengan Israel.

"Saya percaya kita harus bekerjasama untuk ciptakan perdamaian di Timur Tengah. Indonesia juga harus mempertimbangkan untuk mulai menjalin diplomatik dengan Israel," kata Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Georg Witschel pada Kamis (1/10/2015).

"Saat ini memang sudah bagus Palestina sudah berada di PBB, tapi Indonesia juga harus bantu pastikan Israel bergabung," sambung diplomat senior Jerman tersebut.

"Saya khawatir dengan situasi Timur Tengah selama ini. Semua yang hal yang dapat dilakukan untuk memperbaiki Timur Tengah benar-benar diperlukan," tambahnya.

Indonesia sendiri memang menjadi salah satu negara yang masih enggan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel. Belum terjalinnya hubungan diplomatik ini sesuai dengan konstitusi Indonesia, dimana disebutkan bahwa Indonesia tidak akan pernah menjalin hubungan diplomatik dengan Israel, selama mereka masih menjajah Palestina.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3675 seconds (0.1#10.140)