Iran Membalas Surat Rahasia Obama

Kamis, 13 November 2014 - 09:39 WIB
Iran Membalas Surat Rahasia Obama
Iran Membalas Surat Rahasia Obama
A A A
TEHERAN - Seorang pejabat tinggi keamanan Iran mengatakan, Iran telah membalas surat rahasia Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama yang ditujukan kepada Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Namun, pejabat itu tidak mengonfirmasi, apakah surat balasan itu ditulis sendiri oleh Khamenei atau tidak.

Diplomasi AS dan Iran melalui surat itu merupakan hal langka sejak Revolusi Iran pecah tahun 1979. Dalam revolusi itu, rezim Shah Iran digulingkan dan Kedutaan Besar AS di Teheran diserbu para mahasiswa Iran. Tak hanya itu, dalam penyerbuan tersebut, 52 warga AS disandera selama lebih dari satu tahun.

Obama, seperti diketahui mengirim surat rahasia kepada Khamenei. Bocoran isi surat tersebut adalah bujukan AS terhadap Iran untuk bergabung dalam koalisi melawan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), dengan kompensasi kesepekatan negosiasi nuklir Teheran. (Baca: Bujuk Perangi ISIS, Obama Diam-diam Surati Khamenei)

”Ini bukan pertama kalinya bahwa hal seperti itu telah terjadi,” kata Ali Shamkhani, Sekretaris Tertinggi Dewan Keamanan Nasional Iran, yang ditayangkan stasiun televisi pemerintah Iran, Rabu malam.

“Ini sebelumnya pernah terjadi dan respon yang diperlukan telah diberikan kepada mereka (AS),” lanjut Shakhani, seperti dikutip Al Arabiya, Kamis (13/11/2014).

Menurutnya, surat Obama kepada Khamenei berisi soal isu-isu nuklir. ”Kami menjawab bahwa kita tidak bisa menerima sama sekali untuk memiliki industri nuklir yang dekoratis dan karikaturistik,” kata Shamkhani.

Pihak Washington sendiri belum menanggapi komentar Shamkhani tersebut.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3802 seconds (0.1#10.140)