Mandela tinggalkan warisan USD4,1 juta

Selasa, 04 Februari 2014 - 02:52 WIB
Mandela tinggalkan warisan USD4,1 juta
Mandela tinggalkan warisan USD4,1 juta
A A A
Sindonews.com – Mendiang Pemimpin Afrika Selatan (Afsel), Nelson Mandela, dilaporkan meninggalkan warisan senilai USD4,1 juta. Jumlah ini sesuai dengan wasiat terakhirnya yang diumumkan pada Senin (3/2/2014).

Wakil Kepala Mahkamah Konstitusi Afsel, Dikgang Moseneke, mengatakan, angka tersebut telah menimbulkan banyak tanggapan emosional. Surat wasiat itu dibacakan dua bulan setelah kematian Mandela pada Desember tahun lalu. Mandela yang wafat pada usia 95 tahun, dilaporkan memiliki tiga orang istri.

Seperti dilaporkan AFP, istri dari presiden kulit hitam pertama Afsel itu berhak atas setengah dari tanah miliknya. Sementara sisanya dibagi di antara berbagai anggota keluarga, staf pribadi, sekolah, dan Partai ANC yang berkuasa di Afsel.

Pengacara Mandela mengungkapkan, bahwa istri ketiga Mandela, Graca Machel, kemungkinan akan melepaskan haknya atas 50 persen dari lahan perkebunan, jika ia mendapat empat properti di negara asalnya, Mozambik, serta mobil, karya seni, perhiasan, dan aset lainnya.

Sedangkan istri kedua Mandela, Winnie Madikizela, tidak disebut sebagai penerima manfaat dalam surat wasiat itu. Sementara royalti dari buku-buku dan proyek lainnya, serta rumah Mandela, akan dibagi diantara anggota keluarga yang telah lama bertengkar atas warisan tersebut.

Bahkan sebelum kematia Mandela, anak-anak dan cucu Mandela sering bertengkar soal warisan tersebut. Beberapa keturunan Mandela telah menempatkan merek ‘Mandela’ di belakang proyek-proyek komersial, termasuk anggur, pakaian, karya seni, jaringan sosial, dan reality show televisi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4927 seconds (0.1#10.140)