Eropa

Bosnia peringati pembantaian masal di Serbia

Rabu,  11 Juli 2012  −  14:45 WIB
Bosnia peringati pembantaian masal di Serbia
srebrenica-genocide.blogspot.com

Sindonews.com - Pemerintah Bosnia-Herzegovina peringati 17 tahun pembantaian masal 8 ribu muslim di Serbia pada 1995. Rakyat Bosnia mengelar upacara penguburan ulang 520 jasad korban dengan layak.
 
Ribuan orang, termasuk korban selamat menghadiri upacara penguburan jasad 520 korban pembantaian masal di Potocari dekat Serbia. Mereka sebelumnya mengelar pawai selama tiga hari melintasi bukit di bagian timur hingga Serbia.
 
"Penguburan yang layak dilakukan untuk mengenang para korban. Pawai selama tiga hari ini merupakan pernyataan solidaritas kepada mereka yang selamat dan tewas dalam kejahatan tersebut." ungkap Internasional Administrator Bosnia, Valentin Inzko, seperti diberitakan dalam Presstv, Rabu (11/7/2012).
 
Perang pecah pada 1992 di Bosnia. Sementara Serbia adalah kota di Bosnia dengan mayoritas penduduk Muslim. Tepat pada 11 Juli 1995, pasukan Bosnia menyerbu Serbia. Tentara Bosnia melakukan pembantaian masal terhadao muslim pria Serbia setelah memisahkan wanita dan anak-anak dari pria. Saat ini 8 ribu jasad korban tewas belum ditemukan, bahkan beberapa yang ditemukan sudah dalam keadaan cacat.
 
Aksi pembantain itu diawasi Ratko Mladic, dia kini harus bertanggungjawab atas perannya dalam aksi pembunuhan masal tersebut di Pengadilan Kriminal Internasional. Sidang pengadilan akan mengungkap penyerangan pasukan Serbia Bosnia di desa Grabovica, tempat tewasnya sekitar 150 orang tahun 1992. Namun, sejauh ini Mladic membantah 11 dakwaan kejahatan perang dan kejahatan kemanusiaan dalam Perang Bosnia tahun 1992-1995.
 
 
 


(rik)

views: 1.578x
Bagikan artikel ini :
shadow