Muslim Bosnia dan Pemimpin Kroasia Boikot Pertemuan dengan Menlu Rusia

Selasa, 15 Desember 2020 - 22:32 WIB
loading...
Muslim Bosnia dan Pemimpin Kroasia Boikot Pertemuan dengan Menlu Rusia
Perwakilan Muslim Bosnia dan pemimpin Kroasia memboikot pertemuan dengan Menlu Rusia Sergey Lavrov. Foto/Al Jazeera
A A A
SARAJEVO - Perwakilan Muslimserta Kroasia Bosnia dan Herzegovina dalam anggota kepresidenan tiga negara pada hari Selasa (15/12/2020) memboikot pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov. Aksi itu merupakan penghinaan besar bagi diplomat top Moskow.

Pada hari kedua dari kunjungan dua hari ke Bosnia, Lavrov dijadwalkan mengadakan pembicaraan dengan ketiga anggota kepresidenan, termasuk Sefik Dzaferovic, seorang Muslim, dan Zeljko Komsic, seorang Kroasia. Hanya anggota dari Serbia, Milorad Dodik, yang muncul dalam pertemuan tersebut.

Dzaferovic dan Komsic mengatakan mereka memboikot pertemuan itu karena apa yang mereka katakan adalah tindakan "tidak hormat" Lavrov terhadap negara bagian Bosnia. Mereka mengatakan Lavrov seharusnya memulai kunjungan resminya di ibu kota Bosnia, Sarajevo, alih-alih bertemu pertama kali dengan Dodik yang setengah otonom Serbia di negara itu pada Senin kemarin.



Dodik, yang dikenal karena sikapnya yang pro-Rusia, telah menganjurkan pemisahan etnis Serbia Bosnia dan tetangganya Serbia yang bergabung. Meskipun Moskow secara resmi tidak mendukung pecahnya Bosnia, Moskow tidak pernah secara terbuka mengkritik kebijakan separatis Dodik.

Komsic mengatakan pertemuan itu ditolak karena Lavrov menunjukkan rasa tidak hormat terhadap negara Bosnia pada konferensi pers pada Senin malam, di mana tidak ada bendera Bosnia. Lavrov juga memuji komentar Dodik bahwa Bosnia akan tetap netral secara militer dan tidak akan pernah bergabung dengan NATO.

"Lavrov tahu bahwa hanya negara yang bisa membuat keputusan seperti itu," kata Komsic pada konferensi bersama dengan Dzaferovic.(Baca juga: Putin Dituding Sembunyi di Bunker agar Terhindar dari COVID-19 )

“Sehubungan dengan Federasi Rusia sebagai negara yang besar dan kuat, kami tidak akan setuju untuk menjadi pion Rusia di Balkan dalam permainan mereka dan konflik dengan negara-negara Uni Eropa atau negara-negara anggota NATO. Kami berharap mereka memahami dan mendukung ini,” imbuh Komsic seperti dikutip dari Al Jazeera.

Lavrov tidak mengomentari boikot itu pada konferensi persnya pada Selasa malam, dan Kementerian Luar Negeri Rusia memposting foto pertemuan tersebut tanpa menyebutkan bahwa dua dari tiga anggota kepresidenan tidak hadir.

Kunjungan Menteri Luar Negeri Rusia itu bertepatan dengan peringatan 25 tahun penandatanganan perjanjian perdamaian Dayton yang dimediasi Amerika Serikat (AS) yang mengakhiri perang empat tahun di Bosnia pada 1990-an.(Baca juga: Rusia: Sanksi AS Terhadap Pemimpin Chechnya Terlalu Dibuat-buat )

Meskipun kesepakatan itu mengakhiri pertumpahan darah, hal itu membuat sebagian besar Bosnia tidak berfungsi dan terbagi dua antara Republika Srpska dari Serbia Bosnia dan Federasi Muslim-Kroasia.

Lavrov mengatakan pada hari Senin bahwa perjanjian itu tidak boleh diubah, merujuk pada komentar para diplomat Barat dan politisi Bosnia yang perlu ditingkatkan untuk memungkinkan Bosnia membuat kemajuan dalam reformasi.

"Saya ingin mengatakan bahwa setiap upaya untuk menghancurkan (perjanjian Dayton) dapat menyebabkan risiko dan konsekuensi yang paling serius," kata Lavrov.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)