Ukraina Akui Tak Mampu Bikin Senjata Nuklir, Ini Alasannya

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 20:41 WIB
loading...
Ukraina Akui Tak Mampu Bikin Senjata Nuklir, Ini Alasannya
Ukraina akui tidak mampu untuk memproduksi senjata nuklir sendiri. Foto/US Air Force via REUTERS
A A A
KYIV - Ukraina mengakui tidak mampu untuk memproduksi senjata nuklir sendiri meski dulunya menjadi salah satu kekuatan atom dunia.

Pengakuan ini disampaikan Kepala Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina Oleksiy Danilov. Dia mengisyaratkan bahwa Kyiv pada akhirnya hanya dapat menjadi tuan rumah senjata atom buatan Barat.

Berbicara di televisi nasional pada hari Jumat, Danilov ditanya apakah Ukraina dapat berharap untuk mendapatkan kembali status nuklirnya, yang hilang tak lama setelah runtuhnya Uni Soviet.

“Mengenai gudang senjata yang disita dari kami, mari bersikap realistis—ini hampir tidak mungkin sama sekali. Dan bukan hanya karena beberapa masalah politik, tetapi juga karena masalah teknologi," akunya, yang dikutip Russia Today, Sabtu (5/8/2023).



Pejabat pemerintah Presiden Volodymyr Zelensky itu melanjutkan dengan menggambarkan persediaan rudal balistik antarbenua yang digunakan Ukraina sebagai tuan rumah senjat nuklir sebagai hal yang rumit, tetapi mencatat bahwa ada kasus ketika kekuatan non-nuklir telah diberikan nuklir oleh sekutu NATO.

“Saya tidak dapat memberi tahu Anda apakah ini akan berhasil dalam kasus kami," kata Danilov, menambahkan bahwa setiap upaya Kyiv di bidang ini akan menghadapi rintangan serius.

Komentar Danilov berbeda dengan komentar Oleksiy Arestovych, mantan penasihat Presiden Zelensky, yang menyatakan pada bulan Juni bahwa Kyiv dapat dengan cepat mengembangkan persenjataan atomnya sendiri dan mendapatkan bahan fisil yang diperlukan.

Sekadar diketahui, setelah runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, Ukraina mewarisi sekitar sepertiga dari hulu ledak nuklir negara itu, bersama dengan infrastruktur yang menyertainya.

Pada tahun 1994, Kyiv secara sukarela menyerahkan senjata nuklirnya dengan imbalan jaminan keamanan dari AS, Inggris, dan Rusia di bawah Memorandum Budapest.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir pejabat Rusia telah berulang kali mengatakan bahwa campur tangan Barat dalam urusan dalam negeri Ukraina telah merusak perjanjian itu.

Pada awal 2022, tak lama sebelum dimulainya invasi militer Moskow di Ukraina, Zelensky memberi isyarat bahwa Kyiv mungkin mencoba merebut kembali status nuklirnya, dengan alasan hilangnya Crimea.

Menurut Presiden Rusia Vladimir Putin, Ukraina sedang dalam pembicaraan untuk memperoleh senjata nuklir sebelum dimulainya konflik, sementara mantan pemimpin Rusia Dmitry Medvedev mengatakan ancaman Kyiv untuk memulai kembali program nuklirnya adalah salah satu faktor utama yang mendorong Rusia untuk meluncurkan operasi militernya.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1497 seconds (0.1#10.140)