alexa snippet

Jerman Pertimbangkan Pindahkan Pangkalan Operasi Anti ISIS ke Yordania

Jerman Pertimbangkan Pindahkan Pangkalan Operasi Anti ISIS ke Yordania
Pangkalan udara Incirlik, Turki. Foto/Istimewa
A+ A-
BERLIN - Pejabat militer Jerman akan melakukan perjalanan ke Ibu Kota Yordania, Amman, untuk menjejaki kemungkinan relokasi jet mata-mata Tornado dari Turki selatan. Sumber dari kementerian pertahanan Jerman menyatakan perjalanan itu kemungkinan akan dilakukan pada akhir pekan ini.

Awal tahun ini, Berlin memutuskan untuk memperpanjang penyebaran enam jet Tornado dan ratusan personil militer Jerman di pangkalan udara Incirlik, Turki, sampai akhir 2017 meskipun kedua negara bersitegang. Jet Tornado Jerman digunakan untuk mengumpulkan data intelijen terkait militan ISIS di Suriah dan Irak.

"Belum jelas apakah itu termasuk penarikan pasukan bersenjata Jerman dari Incirlik," ujar seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Jerman seperti dikutip Sputniknews dari surat kabar Bild, Sabtu (26/11/2016).

Misi Kementerian Pertahanan Jerman dijadwalkan tiba di Amman pada akhir pekan ini. Mereka akan mempelajari kemungkinan pemindahan ini meskipun militer mengatakan relokasi mengakibatkan jeda operasi selama beberapa minggu. Bild mengabarkan Jerman juga mempertimbangkan pangkalan udara di Kuwait dan Siprus.

Hubungan Jerman-Turki memburuk setelah parlemen Jerman pada bulan Juni melabeli pembantaian warga Armenia oleh Kekaisaran Ottoman pada 1915 sebagai genosida. Menyusul keputusan ini, Ankara membatasi akses delegasi anggota parlemen Jerman ke pangkalan udara Incirlik.

Meskipun demikian, pada bulan Oktober, Turki akhirnya memperbolehkan delegasi untuk mengunjungi prajurit Jerman di pangkalan udaranya.



(ian)
dibaca 10.923x
loading gif
Top