Republik Ceko Tuding Rusia Tengah Lakukan Perang Propaganda

Jum'at, 21 Oktober 2016 - 09:56 WIB
Republik Ceko Tuding Rusia Tengah Lakukan Perang Propaganda
Republik Ceko Tuding Rusia Tengah Lakukan Perang Propaganda
A A A
PRAHA - Pemerintah Republik Ceko menuding Rusia melakukan perang proganda di wilayahnya. Praha pun mendirikan unit untuk melawan apa yang dikatakannya sebagai jaringan kelompok wayang pro Moskow.

"Kami ingin masuk ke setiap smartphone untuk melawan disinformasi Rusia," kata menteri dalam negeri Republik Ceko, Milan Chovanec, dalam sebuah konferensi tentang komunikasi strategis bersama Kepala Komite Militer NATO, Petr Pavel, seperti dikutip dari The Guardian Jumat (21/10/2016).

Chovanec mengatakan tim yang terdiri dari 20 orang akan bertindak untuk mengatasi propaganda Rusia dalam domain politik secara real time, termasuk di media sosial. Chovanec mengatakan, jajak pendapat menunjukkan jika seperempat dari warga Ceko percaya dengan apa yang mereka baca di situs-situs berita 'alternatif'.

Untuk diketahui, puluhan situs di Republik Ceko mempromosikan sikap Mowkow terhadap Barat. Ceko sendiri menjadu rumah bagi sekitar 30 ribu warga Rusia berdasarkan sensus tahun 2011.

Sebelumnya, pihak berwenang Ceko mengumumkan mereka telah menangkap seseorang yang diduga Praha sebagai hacker Rusia yang dituding melakukan serangan cyber terhadap Amerika Serikat. Sementara layanan kontra intelijen Republik Ceko mengatakan pada bulan September Rusia tengah melakukan 'perang informasi' di negara itu. Rusia disebut menempatkan agen propaganda untuk mengacaukan negara.

Baca juga:
Polisi Ceko Kerja Sama dengan FBI Tangkap Hacker Rusia


Republik Ceko telah terjebak dengan sikap Uni Eropa secara umum terhadap Rusia. Tapi sejumlah politisi, termasuk Presiden Milos Zeman, telah bergema pandangan terkait Rusia terhadap situasi di Ukraina Timur, termasuk sikap terhadap tidak adanya pasukan Rusia di wilayah itu. Republik Ceko bahkan menentang sanksi ekonomi terhadap Rusia.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5059 seconds (0.1#10.140)