Ceko Ancam Usir Lebih Banyak Diplomat Rusia

Kamis, 22 April 2021 - 16:12 WIB
loading...
Ceko Ancam Usir Lebih Banyak Diplomat Rusia
Menteri Luar Negeri Ceko, Jakub Kulhanek mengancam, pihaknya akan mengusir lebih banyak diplomat Rusia. Foto/Ist
A A A
PRAHA - Menteri Luar Negeri Ceko , Jakub Kulhanek mengancam, pihaknya akan mengusir lebih banyak diplomat Rusia. Ancaman itu disampaikan langsung kepada Duta Besar Rusia untuk Ceko, Alexander Zmeyevsky.

Kulhanek mengatakan, Praha akan mengambil tindakan lebih lanjut jika Moskow tidak segera membatalkan keputusan untuk mengusir 20 diplomat Ceko yang bertugas di Rusia.

"Semua pegawai Kedutaan Besar Ceko yang dikeluarkan harus dikembalikan ke posisi mereka di Moskow. Kami akan menunggu hingga siang ini (waktu setempat)," ucap Kulhanek.

"Jika keputusan ini tidak diambil, kami akan memulai opsi pencapaian paritas jumlah pegawai kedutaan," sambungnya, merujuk pada penyetaraan jumlah.

Ceko, seperti diketahui mengusir 18 diplomat Rusia. Jika Praha akan menerapkan paritas, berarti Ceko akan kembali mengusir setidaknya dua orang diplomat Rusia, untuk menyamakan jumlah.

Pria yang baru dilantik sebagai Menteri Luar Negeri Ceko itu, mengatakan hubungan antara Praha dan Moskow saat ini berada dalam fase yang sangat sulit dan rumit.

"Hubungan dengan Rusia saat ini adalah topik paling utama untuk kebijakan luar negeri Ceko. Hubungan ini telah memasuki periode yang sangat rumit. Fakta ini sama sekali tidak membuat saya sebagai Menteri Luar Negeri senang," tukasnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)