Sebar Hoaks Serangan Racun, Ceko Usir Dua Diplomat Rusia

Sabtu, 06 Juni 2020 - 08:53 WIB
loading...
Sebar Hoaks Serangan Racun, Ceko Usir Dua Diplomat Rusia
Perdana Menteri Ceko Andrej Babis. Foto/BBC
A A A
PRAHA - Ceko mengusir dua diplomat Rusia karena menyebarkan kabar bohong terkait serangan racun terhadap Wali Kota Praha. Perdana Menteri Ceko mengatakan rencana serangan itu karangan diplomat Rusia akibat perselisihan internal para diplomat Rusia.

Pada bulan April lalu, Wali Kota Praha Zdenek Hrib mengatakan, ia berada di bawah perlindungan polisi setelah muncul laporan yang menyebut ada komplotan yang ingin menyerang tiga politisi Ceko. Media Ceko kemudian melaporkan bahwa seorang diplomat Rusia membawa koper berisi racun risin ke negara itu untuk melakukan pembunuhan.

Dalam sebuah pernyataan, Perdana Menteri Ceko Andrej Babis, mengatakan seluruh rencan telah terbongkar.

"Seluruh kasus terjadi sebagai akibat perselisihan internal di antara para pekerja di kedutaan (Rusia)," katanya.

"Salah satu dari mereka mengirim informasi palsu tentang serangan yang direncanakan terhadap politisi Ceko ke layanan kontra-intelijen kami," imbuhnya seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu (6/6/2020).

Babis mengumumkan bahwa ia mengusir dua diplomat Rusia, dengan mengatakan: "Kami tertarik memiliki hubungan baik dengan semua negara, tetapi kami adalah negara berdaulat dan tindakan semacam itu tidak dapat diterima di wilayah kami."

Namun Babis tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang informasi baru.

Kedutaan Rusia menyebut keputusan itu sebagai "provokasi palsu" dan akan menanggapinya dengan mengusir para diplomat Ceko dari Moskow.

Rusia telah jengkel dengan sejumlah tindakan oleh pemerintah kota Praha dalam beberapa bulan terakhir, termasuk penggantian nama alun-alun di luar Kedutaan Besar Rusia setelah Boris Nemtsov, seorang politisi oposisi Rusia terkemuka ditembak mati di luar Kremlin pada 2015.

Kementerian luar negeri Rusia juga murka denga penghapusan patung komandan Tentara Merah Ivan Konev. Walikota Prague 6, distrik Ibu Kota tempat patung itu berada, adalah politisi lain yang dikatakan menjadi sasaran dalam plot serangan racun risin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1382 seconds (0.1#10.140)