AS Pastikan Tunda Pembicaraan Soal Suriah dengan Rusia

Jum'at, 30 September 2016 - 06:05 WIB
AS Pastikan Tunda Pembicaraan Soal Suriah dengan Rusia
AS Pastikan Tunda Pembicaraan Soal Suriah dengan Rusia
A A A
WASHINGTON - Sekretaris Negara Amerika Serikat (AS), John Kerry mengatakan, Washington akan menangguhkan pembicaraan dengan Rusia terkait gencatan senjata di Suriah. Keputusan ini seiring serangan udara yang terus terjadi di Aleppo, Suriah.

"Kita berada diambang untuk menangguhkan pembicaraan karena sangat tidak rasional kita tengah duduk membicarakan hal-hal yang serius namun berbagai macam bom dijatuhkan di sana," kata Kerry.

"Ini adalah salah satu momen dimana kita harus mencari alternatif lain," imbuhnya dalam konferensi di Washington seperti dikutip dari Reuters, Jumat (30/9/2016)

Sebelumnya, Kerry sempat mengeluarkan ancaman bahwa AS akan menghentikan pembicaraan soal Suriah dengan Rusia jika pemboman di Aleppo masih berlanjut. Ancaman itu diungkapkannya kepada Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

Baca juga:
AS Ancam Hentikan Pembicaraan Soal Suriah dengan Rusia


Merebut kembali Aleppo akan menjadi kemenangan terbesar bagi perang pasukan pemerintah. Hal itu juga akan menjadi titik balik potensial dalam konflik yang telah berjalan selama 5 tahun. Sejumlah negara menyatakan, konflik di Suriah tidak bisa diselesaikan dengan kekuatan.

Perang saudara ini telah menewaskan ratusan ribu orang dan membuat setengah penduduk Suriah kehilangan tempat tinggal. Konflik ini juga menyebabkan sejumlah negara Timur Tengah jatuh ke tangan ISIS.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7213 seconds (0.1#10.140)