Bom Bunuh Diri Hantam RS di Pakistan, 70 Tewas

Selasa, 09 Agustus 2016 - 07:41 WIB
Bom Bunuh Diri Hantam RS di Pakistan, 70 Tewas
Bom Bunuh Diri Hantam RS di Pakistan, 70 Tewas
A A A
ISLAMABAD - Seorang pembom bunuh diri melakukan aksi kejinya di sebuah rumah sakit di kota barat daya Quetta, Pakistan. Serangan bom bunuh diri ini menewaskan 70 orang dan lebih dari 100 orang terluka. Serangan bom ini terjadi ditengah kerumunan orang diinstalasi gawat darurat yang tengah melayat dan mencari informasi terkait tewasnya seorang pengacara terkenal.

Pejabat senior di rumah sakit dimana serangan itu terjadi, Abdul Rehman Miankhel mengatakan, sedikitnya 70 orang tewas dan lebih dari 112 orang terluka.

"Ada banyak yang terluka sehingga angka kematian bisa meningkat," kata Rehmat Saleh Baloch, menteri kesehatan provinsi seperti dikutip dari laman Reuters, Selasa (9/8/2016).

Kantor berita yang berafiliasi dengan ISIS, Aamaq, melaporkan bahwa kelompok ekstrimis itu berada dibalik kekejaman tersebut. Jika benar, itu akan menandai perkembangan yang mengkhawatirkan bagi Pakistan, yang telah lama dilanda kekerasan oleh militan Islam lokal. "Seorang martir dari ISIS meledakkan sabuk peledak di sebuah pertemuan karyawan kementerian kehakiman dan polisi Pakistan di kota Quetta," kata Amaq.

Jamaat-ur-Ahrar, sebuah faksi dari kelompok militan Islam Taliban Pakistan, sebelumnya mengatakan melakukan serangan itu. Di masa lalu, kelompok ini juga kerap mengklaim serangan bom meskipun tidak dilakukannya.

"The Tehreek-e-Taliban Pakistan Jamaat-ur-Ahrar (TTP-JA) bertanggung jawab atas serangan ini, dan berjanji untuk terus melakukan serangan seperti itu," kata juru bicara Ehsanullah Ehsan dalam sebuah pernyataan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3344 seconds (0.1#10.140)