ISIS Bertanggung Jawab atas Pengeboman yang Menewaskan 54 Orang di Pakistan

Selasa, 01 Agustus 2023 - 07:26 WIB
loading...
ISIS Bertanggung Jawab atas Pengeboman yang Menewaskan 54 Orang di Pakistan
ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan bom di sebuah rapat partai politik di Pakistan. Foto/Reuters
A A A
ISLAMABAD - Kelompok Negara Islam ( ISIS ) mengaku bertanggung jawab pada Senin (31/7/2023) atas ledakan bom bunuh diri di Pakistan yang menewaskan sedikitnya 54 orang, termasuk 23 anak-anak. Insiden bom itu terjadi di sebuah pertemuan partai politik menjelang pemilihan umum akhir tahun ini.

Ledakan itu telah menimbulkan kekhawatiran bahwa Pakistan akan menghadapi periode pemilihan berdarah setelah berbulan-bulan kekacauan politik yang dipicu oleh penggulingan Imran Khan sebagai perdana menteri pada April tahun lalu.

Sekitar 400 anggota partai Jamiat Ulema-e-Islam-F (JUI-F) - mitra koalisi utama pemerintah yang dipimpin oleh seorang ulama. Bom itu meledak di saar mereka menunggu pidato.



Aksi bom bunuh diri dilakukan seorang pembom meledakkan rompi yang berisi bahan peledak. Cabang lokal dari kelompok ISIS di masa lalu telah menargetkan aksi unjuk rasa dan pemimpin JUI-F.

"Saya dihadapkan dengan pemandangan yang menghancurkan - tubuh tak bernyawa berserakan di tanah sementara orang-orang berteriak minta tolong," kata Fazal Aman, yang berada di dekat tenda ketika bom meledak, kepada AFP.

Shaukat Abbas, seorang pejabat senior di departemen kontra-terorisme (CTD) mengatakan kepada AFP bahwa 54 orang tewas, termasuk 23 orang di bawah usia 18 tahun.

Pada Senin kelompok negara Islam mengaku bertanggung jawab. "Seorang penyerang bunuh diri dari Negara Islam ... meledakkan jaket peledaknya di tengah kerumunan di Khar," demikian dilaporkan kantor berita kelompok jihad Amaq.



Serangan itu terjadi di kota Khar di distrik Bajaur barat laut, hanya 45 km dari perbatasan Afghanistan, di daerah di mana militansi meningkat sejak Taliban menguasai Kabul pada 2021.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)