Tiga Negara Eropa Disebut Bakal Tinggalkan UE

Kamis, 21 Juli 2016 - 00:20 WIB
Tiga Negara Eropa Disebut Bakal Tinggalkan UE
Tiga Negara Eropa Disebut Bakal Tinggalkan UE
A A A
WASHINGTON - Mantan pemimpin partai UKIP Inggris dan juru kampanye pro Brexit, Nigel Farage menyebut tiga negara Eropa bisa jadi mengikuti jejak Inggris keluar dari Uni Eropa (UE). Ketiga negara itu adalah Denmark, Swedia, dan Belanda.

Menurut Farage, ketiga negara itu berada di baris berikutnya setelah Inggris memutuskan keluar dari UE. "Saya pikir akan ada tekanan besar untuk referendum di Denmark, sehingga kita bisa mendapatkan Dexit," kata Farage.

"Saya pikir ada kemungkinan referendum di Belanda, sehingga kita bisa mendapatkan Nexit. Dan, siapa tahu, jika kita memberikan dukungan kepada Swedia maka di sana akan muncul Sexit," katanya lagi seperti dikutip dari Sputnik, Kamis (21/7/2016).

Wakil Inggris di parlemen Eropa ini mengatakan bahwa keluar dari UE adalah satu-satunya cara untuk mengambil kembali kendali dari tangan Brussels. Farage sendiri adalah juru kampanye utama untuk kelompok pro Brexit selama putaran kampenye menuju referendum yang digelar pada 23 Juni lalu.

Ia diundang untuk menghadiri konvensi Partai Republik Amerika Serikat (AS) di Cleveland, yang telah menetapkan Donald Trump sebagai calon presiden pada awal pekan lalu. Farage mengatakan ia tidak menawarkan dukungan penuh kepada Trump. Ia juga mengatakan bahwa Presiden AS Barack Obama telah melakukan kesalahan besar dengan 'mengajarkan' rakyat Inggris untuk memilih dalam referendum UE.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3975 seconds (0.1#10.140)