3 Alasan Rakyat Inggris Menyesal dengan Brexit

Rabu, 19 Juli 2023 - 05:15 WIB
loading...
3 Alasan Rakyat Inggris Menyesal dengan Brexit
Mayoritas rakyat Inggris kecewa dan menyesal keluar dari Uni Eropa. Foto/Reuters
A A A
LONDON - Setelah beberapa tahun Inggris lepas dari Uni Eropa atau biasa disebut dengan Brexit, mayoritas rakyat negara tersebut justru menyesal.

Proporsi warga Inggris yang mengatakan Brexit adalah sebuah kesalahan mencapai rekor tertinggi baru bulan ini. Itu terungkap dalam sebuah survei yang dilaksanakan YouGov.

Berikut adalah 3 alasan utama kenapa rakyat Inggris menyesal dengan Brexit atau keluar dari Uni Eropa.

1. Sedikit Manfaat Ekonomi

3 Alasan Rakyat Inggris Menyesal dengan Brexit

Foto/Reuters

Dengan sedikit manfaat ekonomi yang ditunjukkan pada pemungutan suara Juni 2016 untuk meninggalkan Uni Eropa, 57% orang Inggris mengatakan keputusan untuk meninggalkan Uni Eropa pada tahun 2016 adalah keputusan yang salah, dibandingkan dengan 32% yang menganggap itu benar.

Lebih dari setengah - 55% - mengatakan mereka akan memilih untuk tetap di UE, dibandingkan 31% yang mengatakan mereka akan tetap keluar, jika referendum diadakan lagi.

2. Peraturan Perdagangan Makin Ribet

3 Alasan Rakyat Inggris Menyesal dengan Brexit

Foto/Reuters

Perdana Menteri Rishi Sunak mengatakan pada bulan Mei bahwa Brexit memberikan manfaat, mengutip kebijakan andalannya tentang freeport dan pemotongan PPN yang menurutnya akan membuat produk bir dan sanitasi lebih murah.

Ekonom mengatakan freeports - zona khusus yang berisi keringanan pajak dan bea cukai serta peraturan perdagangan yang disederhanakan - tidak mungkin meningkatkan ekonomi Inggris tetapi mungkin memiliki nilai terbatas sebagai alat pembangunan regional.

3. Investasi Tidak Tumbuh

3 Alasan Rakyat Inggris Menyesal dengan Brexit

Foto/Reuters

Investasi bisnis Inggris hampir tidak tumbuh sejak pertengahan 2016, berbeda dengan ekonomi maju lainnya. Sementara ekonom pendukung Brexit menunjukkan fakta bahwa modal tumbuh kuat di tahun-tahun menjelang 2016 dan pasti akan melambat, survei bisnis menunjukkan Brexit sebagai salah satu penyebab stagnasi.

Survei YouGov terhadap lebih dari 2.000 orang Inggris menunjukkan 63% sekarang menganggap Brexit lebih sebagai kegagalan daripada kesuksesan, dibandingkan dengan 12% yang melihatnya lebih sebagai kesuksesan. Lebih lanjut 18% mengatakan tidak keduanya.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1345 seconds (0.1#10.140)